Mengejutkan Daftar 10 Buah Mengandung Vitamin C Tinggi, Cabai di Urutan 1

M Mahfud/Net Depok
Jambu biji menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi (Foto: Epicurius/Okezone)

JAKARTA, iNewsDepok.id – Banyak buah mengandung vitamin C. Buah jeruk yang selama ini dianggap paling tinggi vitamin C, ternyata bukan di urutan 1. Urutan teratas justru ditempati cabai.

Vitamin C menjadi salah satu vitamin paling popular. Ini karena fungsinya memang sangat penting seperti mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C bernama lain asam askorbat juga membantu mencegah anemia. Caranya dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan dengan melindungi berbagai sel tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas.

Daftar Buah Mengandung Vitamin C

Salah satu sumber terbaik vitamin ini adalah buah-buahan. Berikut beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi.

1. Cabai 

Dalam 100 gram buah capai terdapat 242,5 mg vitamin C. Ini menjadikan cabai menjadi buah dengan salah satu kandungan vitamin C tertinggi

Selain kaya akan kandungan vitamin C, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang membuat rasa pedas pada cabai. Capsaicin dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan atau inflamasi. Cabai juga dapat meningkatkan pembakaran lemak.

2. Jambu biji

Jambu biji berada di deretan atas buah dengan kandungan vitamin C. Kandungan 1 buah jambu biji lebih dari 200 miligram vitamin C. Tak hanya sangat tinggi kandungan vitamin C, jambu biji juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


3. Blackcurrant

Buah blackcurrant segar mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yakni 101 miligram untuk setiap satu cangkir buah (56 gram).

Blackcurrant juga mengandung senyawa yang disebut antosianin,  pigmen pemberi warna gelap. Fungsinya sebagai antioksidan sehingga bermanfaat sebagai obat penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Pepaya

Pepaya selama ini dikenal sebagai buah untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB).  Buah berwarna cerah ini mengandung vitamin C  mencapai 94 miligram,  lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (antara lain vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Ini menjadikan pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

5. Jeruk

Jeruk selama ini paling dikenal sebagai buang mengandung vitamin C. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah sebanyak ini berarti sudah mencukupi 91% kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari.

Kandungan nutrisi jeruk lainnya adalah vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Jeruk juga mengandung antioksidan berupa fenol dan likopen.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network