Wow! Inilah 10 Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia, Harganya Capai Puluhan Juta Per Ekor

Kartika/NET
10 jenis ikan cupang termahal di Indonesia. Foto: bettasource.com
  1. Ikan Cupang Nemo

Sama dengan ikan cupang Black Samurai, ikan cupang nemo merupakan salah satu ikan cupang termahal dan terlangka. Meski sirip cupang nemo mungkin tidak selebar halfmoon, tetapi coraknya yang mencolok membuat ikan ini spesial.

Selain itu, ikan cupang nemo berbentuk kecil, layaknya ikan nemo lautan. Hal inilah yang membuat ikan cupang jenis ini terlihat lebih imut dan menggemaskan untuk dijadikan ikan hias. Harga ikan cupang nemo dipatok sekitar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu per ekor.

  1. Ikan Cupang Double Tail

Bila memelihara ikan cupang double tail yang mahal ini siap-siap untung. Ikan yang memiliki nama lain cagak memiliki ciri-ciri unik, yaitu ekornya yang terbelah dua.

Kedua ekor cupang ini bisa berbeda warna, menghasilkan gradasi yang lebih indah dan membuat harga jualnya lebih mahal. Sayangnya, ikan ini memiliki cukup banyak kekurangan. Harga cupang double tail cukup mahal, baik itu bibit atau indukan.

Ikan cupang double tail juga sangat rentan jamur dan rawan kematian dini.

Untuk memeliharanya kita harus rajin merawat, memberi makan, dan mengganti air akuarium agar ikan terjauh dari stres.

  1. Ikan Cupang Plakat

Walaupun termasuk ikan aduan, ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang yang mahal tepat untuk mengisi akuarium di rumah. Namanya berasal dari bahasa Thailand yang berarti “tarung”.

Harga satu ekor ikan cupang plakat melambung tinggi karena warna dan jenisnya yang cukup langka. Warna pada tubuh ikan cupang plakat sangat terang dan tidak akan pudar walaupun sedang bertarung. 

Pergerakan ikan cupang plakat sangat agresif. Jenis ikan cupang plakat ini merupakan perenang andal yang bisa melindungi dirinya dengan melebarkan sirip depan untuk menakuti lawan.

  1. Ikan Cupang Fancy

Harga ikan cupang fancy termahal yang pernah dijual mencapai Rp1,5 juta per ekor. Jenis ikan ini memang dikenal mahal dari lahir. Bahkan, anakan ikan cupang fancy saja bisa dijual mulai dari Rp100 ribu sampai Rp200 ribu per ekornya.

Salah satu hal yang membuat ikan cupang fancy mahal adalah warna 3 dimensinya. Kombinasi warna pada tubuh dan sirip ikan cupang fancy terlihat seperti bergerak ketika berenang. Ini membedakannya dari jenis ikan cupang yang mahal lainnya.

  1. Kachen Worachai

Ikan cupang termahal di dunia adalah ikan cupang Kachen Worachai. Bahkan, satu ekor ikan cupang Kachen Worachai dewasa bisa bernilai Rp20 juta di pasaran. 

Keunikan jenis ikan cupang yang mahal ini terlihat dari warnanya. Ikan cupang Kachen Worachai memiliki tiga warna yang terlihat seperti bendera Thailand.

Artikel ini telah tayang di idxchannel dengan judul “Intip Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia, Ada yang Tembus Hingga Puluhan Juta.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network