get app
inews
Aa Read Next : Ganasnya Fasilitas Stasiun Manggarai Bagi Wanita Hamil dan Penyandang Disabilitas

Pola Operasional Baru, Transit Di Stasiun Manggarai Tidak Perlu Menyeberang Rel

Kamis, 26 Mei 2022 | 07:48 WIB
header img
Setelah adanya pola operasional KRL baru pada 28 Mei mendatang akibat kegiatan switch over kelima (SO 5), aktifitas penumpang transit atau pindah jalur di Stasiun Manggarai lewat jalur bawah. Foto : Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id – Setelah diadakan pola operasional KRL baru pada 28 Mei 2022 akibat kegiatan switch over kelima (SO 5), aktifitas penumpang transit atau pindah jalur di Stasiun Manggarai akan melalui jalur bawah.

Sebelumnya penumpang KRL yang transit atau berpindah jalur di Stasiun Manggarai, harus menyeberang rel yang kadang menimbulkan keruwetan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, nantinya proses transit akan jauh lebih mudah, di mana penumpang hanya perlu naik atau turun stasiun.

"Transit di Manggarai itu kayaknya ruwet. Transit saat ini tidak perlu menyeberang rel, tinggal turun atau naik pakai tangga manual atau lift. Jalur bawah 6 dan 7 atas 10 hingga 12," ujar Anne saat acara Ngobras di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Kemudahan proses transit ini lebih diperlukan di Stasiun Manggarai yang jumlah penumpang transitnya lebih banyak dari jumlah penumpang masuk.

"Penumpang yang masuk dari Stasiun Manggarai sangat kecil sekali sebenarnya di bawah 5.000 untuk gate innya. Tapi kalau transit ini yang sangat luar biasa, sekitar 20.000-200.000 orang saat ini yang transit itu justru crossing (menyeberang rel)," kata Anne.

Pola operasional KRL yang baru ini, akan menghapus rute KRL Bogor-Jatinegara. KRL dari Bogor hanya melayani rute Bogor-Jakarta Kota.

Sementara KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitu juga dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut