JAKARTA, iNewsDepok.id-Menunjukan komitmennya dalam memberikan kualitas makanan terbaik bagi keluarga Indonesia, McDonald’s Indonesia mengajak masyarakat melihat lebih dekat sistem peternakan ayam mereka.
Peternakan yang dikelola oleh PT QL Trimitra ini menerapkan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare) sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Memiliki luas 14 hektar dengan 20 kandang dimana satu kandangnya dihuni sekitar 35 ribu ayam. Mampu memenuhi kebutuhan ayam McDonald’s Indonesia dimana per harinya dibutuhkan 30 ribu ayam (satu bulan 900 ribu ayam).
Jarak antara peternakan dengan RPH (Rumah Pemotongan Hewan) juga tidak jauh sehingga ayam tidak mengalami stres dalam perjalanan. Ayam dipotong setelah cukup umur dengan target bobot yang sudah ditentukan yaitu 28 hari dengan bobot 1,6 kg dan 35 hari dengan bobot 2 kg. Setelah dipotong menjadi 8, 9, atau 10 bagian sesuai kebutuhan, ayam dimarinasi (dibumbui) dengan resep khusus McDonald’s Indonesia.
Satu hal yang tidak dimiliki oleh RPH lain yaitu di RPH PT QL Trimitra memiliki alat yang disebut dengan metal detector (alat untuk mendeteksi kandungan metal/besi pada suatu produk). Nah, ayam-ayam yang sudah dipotong, dimarinasi, dan dikemas, terlebih dahulu harus melalui metal detector. Setelah aman, baru kemudian dikirim ke restoran-restoran McDonald’s Indonesia dengan perlakuan suhu rendah sehingga bakteri tidak bisa berkembang (1-4 derajat celcius).
Menurut Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, masyarakat saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi. “Tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan. Untuk itulah, kami berinisiatif mengajak masyarakat mengetahui lebih lanjut bagaimana McDonald’s Indonesia menjaga kualitas bahan makanan dengan cara menerapkan berbagai prosedur dan standarisasi yang memastikan kesejahteraan ayam di peternakan sehingga menghasilkan daging ayam berkualitas tinggi yang akan dinikmati oleh konsumen,” ungkapnya.
Imam Gazali selaku QA Manager McDonald’s Indonesia pun menambahkan, sebagai salah satu menu favorit mayoritas masyarakat Indonesia, tentunya menjadi komitmen mereka untuk dapat menjaga kualitas ayam yang disajikan. “Semua prosedur dan sistem yang kami terapkan di kandang ayam sudah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi elemen yang sangat signifikan bagi kami, karena kenyamanan ayam memiliki peranan penting untuk memastikan daging ayam yang kami sajikan memiliki kualitas terbaik,” tutupnya.
Editor : M Mahfud