get app
inews
Aa Read Next : Para Pemudik, Simak 3 Skema Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek untuk Antisipasi Kemacetan

Dua Tahun Menahan Rindu, Berikut Tips Sehat dan Lancar saat Mudik

Senin, 25 April 2022 | 12:48 WIB
header img
Mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi lonjakan arus yang luar biasa. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsDepok.id-Lebaran sudah tinggal hitungan hari. Pemerintah yang sebelumnya sempat melarang mudik selama dua tahun kemarin akibat pandemi COVID-19, kini sudah mulai memberikan kelonggaran.

Masyarakat yang sudah menahan rindu selama dua tahun lamanya, nampak sangat antusias untuk mudik di momen Lebaran tahun ini.

Apalagi pemerintah juga sudah menetapkan cuti bersama sehingga libur Lebaran tahun ini terbilang panjang yaitu 29 April hingga 6 Mei 2022. 

Mudik tahun ini diprediksi bakal mengalami lonjakan yang cukup tajam. Nah, tentu dibutuhkan persiapan stamina yang tinggi sehingga acara mudik pun bisa berjalan lancar.

Seperti perjalanan jauh pada umumnya, mudik membutuhkan lebih banyak energi tubuh dibandingkan aktivitas harian lain. Selama perjalanan mudik dimana menempuh waktu yang cukup panjang, tentu akan menguras tenaga. 

Untuk itulah, agar tubuh tetap bertenaga dan fit selama perjalanan mudik, sebaiknya jaga kesehatan sebelum mudik dengan beristirahat cukup dan mengonsumsi makanan sehat serta bergizi.

dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, mengatakan, selain istirahat dan menjaga pola makan, ada beberapa tips mudik sehat seperti berikut ini:

  • Sehari sebelum melakukan perjalanan, pastikan cukup tidur sehingga jika harus mengendarai kendaraan pribadi, tubuh dalam kondisi fit dan segar.
  • Jika menggunakan transportasi umum seperti; pesawat, bis, atau kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar mudik terasa lebih nyaman, dan juga bisa mengurangi risiko tertular penyakit selama perjalanan. 
  • Pastikan terlebih dahulu sudah mempelajari rute perjalanan mudik yang akan ditempuh.
  • Siapkan perbekalan padat gizi dalam perjalanan.
  • Pastikan konsumsi air putih tetap terpenuhi saat sahur. Rasa haus dan lapar sering menyebabkan rasa kantuk dan mengganggu suasana hati, yang bisa berdampak negatif saat berkendara.
  • Maka itu, perlu menyediakan bekal makanan dan minuman selama di perjalanan karena kadang terpaksa harus berbuka di jalan.
  • Mengendarai kendaraan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelelahan. Jika mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya segera beristirahat ketika merasa lelah. Gunakan waktu setidaknya 15 menit untuk beristirahat, dan melakukan gerakan stretching. Stretching dapat melancarkan peredaran darah dan mengatasi penat dan pegal tubuh, sehingga tubuh akan lebih segar.
  • Pastikan bawa obat-obatan pribadi seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala, obat anti masuk angin, dan obat diare.
  • Silakan membawa suplemen dan obat-obatan khusus jika mengidap penyakit tertentu.

Kita ingin mudik dengan selamat dan tetap sehat bukan? Jaga diri dan keluarga di kota tujuan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan mudik dengan menjaga jarak aman, menghindari keramaian, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Selamat mudik!

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut