get app
inews
Aa Read Next : Hancurkan CCTV Sebelum Curi Kotak Amal di Depok, Wajah Maling Malah Terekam Jelas

Penting, Sebelum Mudik Jangan Lupa Periksakan 5 Bagian Mobil Ini

Senin, 25 April 2022 | 11:15 WIB
header img
Mengecek kendaraan sebelum mudik Lebaran. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menjelang mudik Lebaran 2022 ini lakukan persiapan matang. Bukan hanya persiapan booster dan kebutuhan lain selama di kampung halaman, namun perhatikan juga kendaraan yang digunakan untuk mudik.

Dengan memeriksakan kondisi kendaraan, maka selama perjalanan mudik akan lebih nyaman dan menyenangkan. Sebaliknya apabila pemilik kendaraan lalai memeriksakan kondisi mobil sebelum perjalanan mudik, bisa jadi di perjalanan mendapatkan kendala yang tidak menyenangkan.

BACA JUGA:

Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek Dimulai 25 April

Berikut lima langkah untuk merawat kendaraan dan mesin kendaraan sebelum digunakan dalam mudik Lebaran 2022, seperti dikutip dari laman resmi Auto2000, pada Senin (25/4/2022):

  1. Pengecekan Mesin Secara Menyeluruh.

    Sebelum menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer sebaiknya dilakukan pengecekan mesin kendaraan secara menyeluruh. Mekanik akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.

    Pengecekan juga dilakukan pada bagian timing belt agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak. Komponen ini sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil kembali prima untuk melaksanakan mudik.

    2. Kondisi Kelistrikan Mobil.

    Bagian kelistrikan mobil menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kelistrikan yang berasal dari aki dapat memengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

    Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki.

    3. Kondisi Air Radiator.

    Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini.

    Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Para mekanik akan melakukan pengecekan dengan melihat seberapa banyak air radiator yang masih ada.

    Jika sudah berkurang, maka mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Kemudian bagian tabung air atau reservoir radiator juga perlu dicek.

    4. Periksa Bagian Kaki-kaki.

    Bagian kaki-kaki mobil akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama berkendara. Jika tidak dicek secara mendalam maka tidak aneh ketika Anda mendengar bunyi suara gemuruh dari kaki-kaki mobil. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bearing di roda.

    Bearing ini harus dapat kondisi baik. Jangan sampai ada kejadian rusak atau pecah di jalan karena dapat membuat mobil tidak bisa dikendarai lagi sebelum bearing diperbaiki.

    5. Cek Kondisi Ban.

    Ban mobil harus dicek juga secara detail. Kalau kondisi permukaan ban sudah mulai botak, maka perlu diganti. Jangan sampai cengkeraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengakibatkan muncul masalah selip saat melintasi jalanan licin.

    Cek juga tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah juga. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda dan keluarga, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut