get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Akun Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022 Mulai Hari Ini

Enam Langkah Jitu Lolos UTBK 2022 dari Mahasiswa Kedokteran UI

Senin, 14 Maret 2022 | 13:01 WIB
header img
Persaingan masuk PTN semakin ketat setiap tahunnya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tinggal sebentar lagi. Menghadapi persaingan yang semakin ketat setiap tahunnya, para pejuang PTN tentu harus mempersiapkan diri. Tak hanya belajar, dalam menghadapi UTBK, juga diperlukan strategi agar setiap aspek persiapan jadi lebih maksimal.

Ekida Rehan, seorang content creator dan juga salah satu mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia (UI) membagikan 6 langkah yang bisa dilakukan agar dapat lolos di UTBK 2022:

  1. Menetapkan goals atau tujuan. Gali potensi diri untuk kemudian dapat mencari jurusan yang sesuai dengan minat yang disukai. Tanpa disadari, saat kamu sudah menetapkan tujuan, kamu pun lebih termotivasi dan dapat memiliki standar capaian yang lebih terukur. Oleh karena itu, mulailah cari informasi tentang jurusan yang kamu incar tersebut serta tentukan juga target nilai yang ingin diraih.
  1. Buat strategi belajar yang paling cocok. Mudah lelah saat belajar? Mungkin kamu belum menemukan strategi belajar yang cocok untuk dirimu. Kamu dapat merancang strategi belajar yang sesuai dengan kemampuan diri. Mulailah susun jadwal belajar untuk memudahkan kalian lebih fokus dalam memahami materi. “Misalkan hari Senin belajar TPA, lalu hari Selasa belajar materi Saintek,” tutur Ekida. Kamu juga dapat membuat mind map serta skema belajar yang sesuai untuk memudahkan dalam manajemen waktu.
  1. Review materi. Setelah menemukan strategi belajar yang cocok, mulailah perdalam materi dengan memperkuat pemahaman konsep. Hal ini bisa kamu lakukan dengan rajin melakukan review materi. “Saat belajar kalau bisa jangan dihafal, tetapi justru pahami materinya agar saat mengerjakan, kalian bisa lebih mudah untuk mengingat kembali,” ujar Ekida. 
  1. Mengerjakan latihan soal. Pepatah practice makes perfect pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Hal ini juga dapat kamu terapkan dengan banyak berlatih soal-soal UTBK untuk dapat menyeimbangkan proses belajar dalam persiapan UTBK 2022. Kamu dapat menganalisis serta mengerjakan soal-soal dari UTBK di tahun sebelumnya, karena kunci sukses dari UTBK adalah memperbanyak latihan berbagai variasi soal.
  1. Mengikuti try out. Try out dapat memberikan kamu pengalaman untuk mengerjakan soal-soal prediksi UTBK dengan waktu yang telah ditentukan sesuai dengan waktu yang digunakan saat UTBK. Dengan mengikuti try out, kamu dapat merasakan simulasi untuk menghadapi UTBK nantinya. Nilai dari hasil try out juga dapat membantu kamu untuk menganalisa serta mengevaluasi diri untuk menemukan materi apa yang masih kurang dikuasai untuk kemudian dapat kamu perdalam lagi.
  1. Istirahat. Meski banyak materi yang harus dipelajari, pastikan waktu istirahatmu juga cukup. Jangan sampai karena terlalu sibuk belajar, kamu sampai melupakan istirahat dan juga hobi-hobi kamu. Hal ini dapat kamu hindari dengan mengaplikasikan Teknik Pomodoro dimana kamu dapat mengatur waktu antara kapan kamu harus belajar dan juga istirahat. Tak hanya itu, tetap luangkan waktu untuk hobimu agar bisa tetap termotivasi, karena mood yang baik akan membantu proses belajar kamu.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut