DEPOK, iNews Depok.id - Meski hadir sebagai mobil pikap, Toyota Hilux Rangga bisa dimodifikasi menjadi kendaraan penumpang. Bahkan penyedia jasa angkutan umum dikabarkan sudah tertarik untuk memanfaatkannya.
Beberapa unit Toyota Hilux Rangga sudah melakukan uji coba di beberapa lokasi sebagai angkutan kota.
“Beberapa bulan terakhir kami sudah berdiskusi dengan TransJakarta untuk menyediakan produk bagi operator. Namun ini masih trial tapi mudah-mudahan pada November atau Desember sudah bisa diterma sebagai angkutan umum,” ungkap Anton Jimmi Suwandy,
Menariknya para calon pelanggana tidak perlu pusing untuk memikirkan perizininan karena pihaknya siap memberi layanan tersebut. Dengan demikian perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkana bisnis.
“Kami akan urus dokumennya termasuk Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) nya. Karena kami punya satu situs khusus untuk karoseri sehingga perusahaan tinggal memilih sesuai kebutuhan,” tambah Anton.
Ia pun mengungkap bahwa saat ini sedikitnya sudah ada 70 karoseri yang bekerjasama dengan Toyota. Namun jumlah itu bakal terus bertambah mengingat banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan komersial.
“Masih sangat terbuka untuk bekerjasama dan kami juga tahu bahwa karoseri di Indonesia jumlahnya banyak. Namun tentu Toyota harus memastikan kualitas pekerjaannya sehingga nanti akan ada tim untuk melihat secara langsung,” tegasnya kemudian.
Sebelumnya diberitakan bahwa Toyota Hilux Rangga akhirnya diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp 188,7 juta hingga 304,5 juta. Mobil ini dibekali beragam keunggulan yang sulit didapatkan dari kendaraan komersial lain.
Dari segi dimensi misalnya, mobil memiliki panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.735 mm juga wheelbase 3.085 mm. Sementara berat kosong mobil adalah 2.790 kg serta memiliki radius putar sejauh 4,9 m.
Sedangkan ukuran bak Toyota Hilux Rangga adalah panjang 2.305 mm dan lebar 1.700 mm. Dengan ini maka mobil bisa mengangkut 56 galon sekaligus serta membawa beban hingga 1,2 ton.
Keunggulan paling menarik adalah pabrikan sudah menyediakan dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Masing-masing mempunyai keunggulan berbeda guna menyesuaikan kebutuhan pasar.
Mesin bensin yang digunakan pabrikan adalah 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc, mampu menghasilkan tenaga sekitar 137 hp dan torsi 183 Nm. Sementara untuk opsi berikutnya adalah mesin diesel 2.400 cc 2GD-FTV yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 146 hp serta torsi 343 Nm. Performa itu disalurkan pada 5 percepatan manual, sementara transmisi otomatis hanya bisa didapatkan pada mesin diesel.
Editor : Mahfud