get app
inews
Aa Read Next : Gebyar Intrec 2024: Inovasi Bisnis Muda Bersinar

Pemira ILUNI FHUI di Depan Mata, Calon Kandidat Ketum Mulai Adu Gagasan

Selasa, 15 Oktober 2024 | 16:31 WIB
header img
Panitia Pemilihan Raya (Pemira) Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) meloloskan 5 calon Ketua Umum setelah melalui proses verifikasi. Foto: ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Panitia Pemilihan Raya (Pemira) Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) telah meloloskan 5 calon Ketua Umum setelah melalui proses verifikasi ketat. Pemira ILUNI FHUI rencananya berlangsung 29-30 November 2024. 

Wakil Ketua Panitia Pemira ILUNI FHUI Arya Wibisana mengonfirmasi ada lima calon kandidat Ketum yang lolos verifikasi dan telah diumumkan Jumat (11/10/2024) lalu. Lima calon Ketua Umum ILUNI FHUI yang dinyatakan lolos adalah Fernandes Raja Saor (FHUI 2006), Mohamad Fajri Mekka Putra (FHUI 1999), Raden Rahmat Bastian (FHUI 1992), Robby Ferliansyah Asshiddiqie (FHUI 2005), dan Yusuf Didi Setiarto (FHUI 1994). 

"Panitia berharap para calon Ketum sudah menyiapkan mental dan fisik. Siapa pun yang terpilih nanti, kerja suka rela memimpin ILUNI FHUI adalah tugas berat,” bijaknya, melansir laman hukumonline, Minggu (13/10/2024). 

Ia mengingatkan, perlunya menyiapkan tim yang solid dan siap bekerja sama menjalankan program kerja sejak sekarang. "Timnya harus disiapkan dari sekarang, yang matang dan profesional meski ini tidak dibayar,” tegasnya.

Lebih dari itu, Arya berharap agar para calon Ketua Umum Iluni FHUI punya visi mengelola keragaman di kalangan alumni FHUI. "Paling penting bisa menyatukan tapi dalam arti bukan jadi satu kelompok saja. Bebas saja, yang penting semua tunduk pada satu AD/ART ILUNI FHUI, Bhinneka Tunggal Ika lah,” tekannya lagi.

Salah satu kandidat calon Ketum ILUNI FHUI yang dinyatakan lolos verifikasi, Raden Rahmat Bastian (FHUI 1992) mengaku sudah menyiapkan fisik dan mental untuk berkampanye nanti. Rahmat yang dikenal luas sebagai CEO PT Kalimatera Kotawaringin itu telah menyiapkan visi dan misi.

"Visi saya jelas untuk mewujudkan ILUNI FHUI sebagai gerakan pengembangan dan pemberdayaan organisasi. Organisasi di sini tidak hanya bagi almamater FHUI, tetapi juga mahasiswa FHUI, para pegiat hukum, dan masyarakat Indonesia secara umum," ujar Rahmat-sapaan akrabnya, ketika diwawancara, Minggu (13/10/2024).

Jika dirinya terpilih sebagai Ketum ILUNI FHUI 2024-2027, ia telah menyiapkan 3 poin penting. Pertama, membangun konektivitas dan networking bagi Iluni FHUI dan mahasiswa FHUI.

"Kedua, memberikan kontribusi yang konkret bagi kemajuan pendidikan hukum di Indonesia. Dan poin ketiga, saya ingin menjadikan ILUNI FHUI sebagai organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," bebernya.

Lebih jauh, pemilik akun media sosial Instagram @rahmatbastianilunifhui itu menyebut, menjadi bakal calon saja sudah amanah besar karena ada kepercayaan dari 120 alumni FHUI saat mendaftar. "Lalu menjadi calon semakin menginspirasi saya agar sanggup memenangkan hati alumni di akhir November nanti," yakinnya.

Ia mengaku sengaja membuat visi, misi, dan program kerja (proker) yang sederhana, agar tiap janji jadi utang yang bisa dituntaskan dengan solusi terbaik.

"Saya terbiasa jadi problem solver bagi client dan pemegang saham, sehingga kini saya mau maju berjuang demi aspirasi tiap satu alumni demi alumni yang selama 2 dekade ini merasa terpinggirkan dan tersisihkan dalam pelaksanaan proker masa lalu ILUNI. Anda semua akan mampu berdiri lebih tegak, berjalan lebih jauh, secara gumun dan guyub dalam wadah ILUNI FHUI yang memberdayakan," ajaknya lagi.

Rahmat juga telah menyiapkan tim solid untuk membantu proses kampanye nanti. "Campaign Manager Muchsin Panity (Bang Ochen-FHUI 1990) dibantu Adi Yulistanto (Bang Pholenk-FHUI 1991), dan Timotius Benjamin Ebeneser Rajagukguk (Bang Tim-FHUI 2020)," tuntasnya.

Rangkaian Proses Pemira ILUNI FHUI

Selain proses pendaftaran bakal calon kandidat, saat ini Panitia Pemira ILUNI FHUI 2024 sudah memulai masa pendaftaran calon pemilih sejak 5 Oktober 2024 hingga terakhir 9 November 2024. "Pendaftaran pemilih menggunakan sistem elektronik yang berbeda dari Pemira sebelumnya. Kali ini juga harus melampirkan pindaian ijazah,” terang Arya. 

Bagi calon pemilih yang menyandang status alumni tanpa punya ijazah kelulusan FHUI, Arya menyebut bisa melampirkan surat keterangan dari FHUI.

"Kami akan gunakan sistem baru dengan data alumni dari Biro Pendidikan FHUI. Namanya OC Independent Electronic Voting System. Ini menggunakan website, tidak ada aplikasinya,” ulasnya. 

Proses pemilihan bisa dilakukan dari mana saja tetapi akan disediakan titik pemilihan luring yang belum ditentukan. Pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada 29-30 November 2024 dan ditetapkan hasilnya pada Musyawarah Nasional (Munas) ILUNI FHUI pada 1 Desember 2024.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut