get app
inews
Aa Read Next : Macet di Depok Bakal Terurai, Ini Terobosan Ampuh Imam-Ririn

Terobosan Supian Suri Bangun RS Ginjal, Warga Depok Tak Perlu Lagi ke Jakarta untuk Cuci Darah

Selasa, 08 Oktober 2024 | 17:03 WIB
header img
Calon wali kota Depok nomor urut 2, Supian Suri menerima kunjungan JGI di kediamannya, Cilodong. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Ketua Umum Jaga Ginjal Indonesia (JGI), Everino Piter Therick, menyambut baik rencana calon Wali Kota Depok, Supian Suri, yang akan membangun rumah sakit khusus ginjal di Depok. 

Hal ini diungkapkan Everino Piter saat beraudensi di kediaman Supian Suri, di Jatimulya, Cilodong, Kota Depok, Selasa (8/10/2024).

Menurut Everino Piter, Supian Suri sudah lama berkolaborasi dengan JGI dalam program-program kesehatan, khususnya terkait penanganan pasien gagal ginjal. "Bagi Jaga Ginjal Indonesia, Pak Supian Suri ini pemimpin yang hebat. Kita sudah berkolaborasi lama dan beliau sangat mendukung program-program kami," ujarnya.

Supian Suri dinilai sangat peduli terhadap pasien-pasien gagal ginjal, khususnya yang berasal dari Depok. "Beliau sangat konsen dengan pasien-pasien cuci darah. Banyak warga Depok yang harus ke RSCM atau RS Harapan Kita di Jakarta untuk menjalani cuci darah, ini sangat memberatkan, terutama bagi warga kurang mampu," jelasnya.

Rencana pembangunan rumah sakit khusus ginjal ini dianggap sebagai solusi konkret bagi warga Depok. Supian Suri berencana membangun rumah sakit yang bisa melayani pasien dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. "Ini rencana luar biasa, karena tidak semua pejabat negara peduli terhadap masalah ini," lanjut Elverino Piter.

Ia juga menambahkan bahwa pasien gagal ginjal sering kali menjadi beban terbesar dalam penggunaan dana BPJS Kesehatan. Namun, solusi untuk menangani masalah ini masih minim. Oleh karena itu, kehadiran rumah sakit khusus ginjal di Depok diharapkan bisa meringankan beban pasien, sekaligus memperbaiki kualitas layanan kesehatan di kota tersebut.

Berdasarkan estimasi JGI, jumlah pasien gagal ginjal di Depok bisa mencapai hampir 1.000 orang. "Rumah sakit dan klinik di Depok memang banyak, tapi tidak semua bisa menangani pasien gagal ginjal. Banyak di antara mereka yang harus menjalani prosedur cuci darah atau metode CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis)," ungkapnya.

JGI berharap pembangunan rumah sakit ini bisa segera terwujud di bawah kepemimpinan Supian Suri jika terpilih sebagai Wali Kota Depok. Everino Piter juga mengapresiasi visi Supian Suri yang dinilainya sangat visioner dan merakyat.

"Kami berharap Depok memiliki pemimpin baru yang amanah, rendah hati, dan visioner. Pak Supian Suri adalah sosok yang mampu menjangkau semua lapisan masyarakat," kata Everino Piter.

Kolaborasi JGI dengan Supian Suri selama ini dinilai sukses dan memberi manfaat besar bagi warga Depok.

Everino Piter menegaskan, JGI telah beberapa kali berkolaborasi dengan Supian Suri sejak tahun lalu. "Kami melihat beliau sebagai calon wali kota yang sangat kapabel. Kami berharap beliau bisa merealisasikan rencana ini jika terpilih nanti," pungkasnya.

Rencana Supian Suri untuk membangun rumah sakit khusus ginjal ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi banyak pasien di Depok yang selama ini harus mendapatkan perawatan di luar kota.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut