get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru AQUA, Kulkas Magic Neo dengan Teknologi BEST Beri Pengalaman Cerdas

Samsung BESPOKE AI, Inovasi Terbaru untuk Hemat Energi, Waktu, Biaya, dan Berkelanjutan

Jum'at, 20 September 2024 | 22:28 WIB
header img
Samsung BESPOKE AI, inovasi terbaru yang wajib kamu ketahui. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id – Samsung telah memperkenalkan BESPOKE AI, sebuah inovasi terbaru dalam dunia peralatan rumah tangga pintar. Dengan desain elegan dan teknologi AI canggih, BESPOKE AI tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengelola berbagai tugas rumah tangga.

Melalui aplikasi SmartThings, kita dapat mengontrol semua perangkat BESPOKE AI dari smartphone, kapan pun dan dimana pun. Fitur AI Energy Mode yang cerdas membantu untuk menghemat energi dengan menganalisis pola penggunaan perangkat.

Membawa standar baru peralatan rumah tangga yang tidak hanya tampil elegan sebagai interior rumah, juga dilengkapi teknologi AI yang memberikan kemudahan, efisiensi, dan kenyamanan bagi penggunanya.

“Selain jajaran BESPOKE yang estetik, kami juga menghadirkan jajaran BESPOKE AI yang pintar pada lini kulkas BESPOKE All White Multi Door, mesin cuci BESPOKE AI™ Washer & BESPOKE AI™ Dryer, dan BESPOKE Cube Air Purifier kami. Ditambah dengan konektivitas SmartThings dalam perangkatnya, menciptakan pengalaman yang beri manfaat lebih dalam kehidupan di rumah pintar. Cukup menggunakan aplikasi SmartThings dari smartphone, pengguna bisa memantau konsumsi daya listrik dan mengatur lebih dari satu perangkat dari jarak jauh sekalipun,” kata Joseph Martius, Head of Home Appliances Business, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung BESPOKE AI menawarkan 3 hal bagi pengguna dan seluruh anggota keluarga. Pertama, semua peralatan rumah tangga Samsung yang terhubung dalam satu aplikasi. Kedua, kemudahan bagi pengguna dalam mengatur, mengontrol dan memonitor peralatan rumah tangga dari mana saja, setiap saat. Ketiga, efisiensi atau hemat energi yang dalam jangka panjang memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bumi kita.

BESPOKE AI diintegrasikan oleh SmartThings dengan navigasi yang mempermudah kita menghubungkan peralatan pintar rumah tangga Samsung dengan cepat, mudah, dan nyaman. Perangkat yang terhubung dengan SmartThings akan muncul di peta interaktif 3D Map View.

Kita juga dapat berbagi kontrol dan mendapat notifikasi perangkat rumah dengan akun anggota keluarga lainnya hingga maksimal 20 akun. Selain itu, kita bisa mengatur izin kontrol yang berbeda untuk setiap orang. Untuk menjaga privasi, notifikasi hanya akan diterima oleh anggota keluarga yang memiliki izin kontrol atas perangkat tersebut. Dengan SmartThings, mengerjakan pekerjaan rumah tangga akan menjadi pengalaman baru yang memudahkan semua anggota keluarga.

Kini SmartThings dapat membantu mengatur rutinitas harian dari satu aplikasi. Kita dapat dengan mudah memantau isi kulkas dengan fitur Food List dari smartphone, mengatur suhu kulkas, mengatur fan speed Air Purifier hingga memantau siklus pencucian mesin cuci. Selain peralatan rumah tangga Samsung, ada lebih dari 340 brand elektronik yang berbasis platform Matter yang dapat diregistrasikan dalam SmartThings. Semua perangkat tersebut bisa diatur dengan mudah dari satu aplikasi di smartphone.

SmartThings juga membantu mengatur kontrol otomatisasi untuk berbagai skenario, misalnya ketika ingin menonton film, dengan ikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi SmartThings, pilih create routine.

2. Pilih manually run kemudian control devices untuk memilih produk yang ingin diatur

3. Atur Air Purifier ke mode WindFree agar bekerja tanpa suara, dan lampu menjadi dim atau redup untuk menciptakan suasana seperti di bioskop

4. Ubah nama routine misalnya "Movie Time", untuk menandai pengaturan ini.

Ke depannya, ketika kita memilih Sleep Mode, Air Purifier otomatis akan beralih ke mode WindFree dan lampu akan menjadi redup.

Hemat Energi Kapan Saja

Pengintegrasian teknologi AI ke dalam inovasi peralatan rumah tangga dan SmartThings tidak hanya memudahkan hidup dengan teknologinya yang canggih, tapi juga menghadirkan penghematan energi tanpa kompromi.

Melalui AI Energy Mode di SmartThings, AI akan menganalisa pola penggunaan peralatan rumah tangga yang terhubung dalam ekosistem Smart Home Samsung kita, menyalakan AI Energy Mode saat diperlukan, dan mengatur kapan saat yang tepat untuk mengonsumsi energi. 

Melalui AI Energy Mode, perangkat pintar rumah tangga BESPOKE AI makin hemat energi.

Bahkan, melalui AI Energy Mode ini, kita bisa menghemat penggunaan energi saat tidak sedang berada di rumah. Saat sedang bepergian, kita bisa mematikan perangkat yang tidak perlu. Saat tidak berada di rumah pun, kita bisa tenang, karena bisa menghemat tagihan listrik. Jika mencuci normal secara otomatis menggunakan pemanas air, saat AI Energy Mode diaktifkan, mesin cuci secara otomatis mengeluarkan air dingin untuk mencuci, dan menghemat daya hingga 70%.

“Samsung BESPOKE AI membuat urusan pekerjaan rumah tangga menjadi lebih nyaman dan bisa dilakukan oleh semua orang dengan mudah. Inovasi ini membuat hidup lebih praktis dan efisien yang juga mendukung sustainability,” tutup Joseph.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut