get app
inews
Aa Read Next : Menkeu Percaya Ekonomi Indonesia Naik 5 Persen di 2024

Permata Institute for Economic Research Paparkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I 2024

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:36 WIB
header img
Josua Pardede, Chief Economist PermataBank. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Ketidakpastian global, baik terkait dengan ruang pemotongan suku bunga maupun kondisi geopolitik, terus berlanjut pada awal tahun 2024. Di sisi lain, dari dalam negeri, ketidakpastian terkait dengan Pemilihan Umum memicu terjadinya aksi ‘wait-and-see’ di dunia bisnis dan kalangan investor.

Meski perkembangan tersebut memberikan tantangan pada outlook ekonomi Indonesia, indikator makroekonomi dan pasar terkini masih menunjukkan resiliensi sehingga memberikan harapan ekonomi Indonesia akan tetap mampu terakselerasi di tahun ini.

Dalam kesempatan Media Briefing pada Selasa, 14 Mei 2024 di Jakarta, Permata Institute for Economic Research (PIER) secara khusus memaparkan mengenai kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024.

Hadir sebagai pembicara, salah satunya adalah Josua Pardede, Chief Economist PermataBank. Ia memaparkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2024 masih cukup optimis. “Dengan proyeksi sebesar 5,17% year-on-year (YoY). Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I 2023 (5,03% YoY) dan kuartal IV 2023 (5,04% YoY),” ujarnya.

Josua mengemukakan, peningkatan konsumsi menjadi salah satu faktor pendorong utama pertumbuhan di kuartal I 2024. Hal ini didorong oleh momentum Ramadan yang jatuh pada periode tersebut, dimana permintaan musiman mengalami peningkatan.

Lebih lanjut, Josua menjelaskan bahwa pengeluaran pemerintah dan lembaga non-profit yang melayani rumah tangga, termasuk partai politik, juga mengalami peningkatan berkat momentum Pemilihan Presiden 2024.

Secara kuartal (quarter-on-quarter (QoQ)), Bank Permata memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 mencapai 0,78%, meningkat dari 0,45% pada kuartal IV 2023. Hal ini menunjukkan normalisasi pertumbuhan setelah periode liburan akhir tahun.

Di samping konsumsi rumah tangga, peningkatan investasi juga diprediksikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal-kuartal berikutnya. Hal ini didorong oleh kemajuan pembangunan infrastruktur dan iklim investasi yang kondusif.

Secara keseluruhan, Bank Permata melihat prospek ekonomi Indonesia di tahun 2024 dengan cukup cerah. Pertumbuhan yang kuat di kuartal I 2024 menjadi awal yang baik dan berbagai indikator menunjukkan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan.

Berikut beberapa poin penting dari Ekonomi Outlook Mei 2024 Bank Permata:

  • Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024: 5,17% YoY
  • Faktor pendorong pertumbuhan: Konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah, investasi
  • Prospek ekonomi 2024: Cukup cerah dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut