get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Waspada! Petugas Bank Gadungan Incar Penjaga Toko, Ini Modusnya

Minggu, 07 April 2024 | 09:33 WIB
header img
Tangkapan layar video viral penipuan berkedok petugas bank di Jalan Danau Maninjau, Sukmajaya, Depok. (Foto: iNews Depok/infodepok)

DEPOK, iNewsDepok.id - Viralkejahatan penipuan kembali marak di Kota Depok. Kali ini, seorang penjaga toko baru di Three Stars Parfume, Jalan Danau Maninjau, Abadijaya, Sukmajaya, menjadi korban pada Sabtu (6/4/2024). Mirisnya, korban yang baru bekerja selama seminggu itu kehilangan HPnya yang dibawa kabur pelaku.

Berdasarkan informasi yang dibagikan akun Instagram @infodepok, pelaku berpura-pura sebagai petugas Bank Mandiri. Ia menawari korban untuk didaftarkan ke bank tersebut dan meminjam HP korban dengan alasan untuk proses pendaftaran.

Tanpa rasa curiga, korban menyerahkan HPnya kepada pelaku. Namun, pelaku memanfaatkan lengah korban dan perlahan pergi membawa HP tersebut. Korban baru menyadari HPnya hilang beberapa menit kemudian.

"Pelaku tadi siang datang ngakunya orang Bank Mandiri. Terus minjem HP penjaga toko bilang mau didaftarin Bank Mandiri," tulis @infodepok dalam unggahannya, dikutip Minggu (7/4/2024).

"Saat HP mulai dipakai pelaku, si penjaga toko ini ngga sadar. Pelaku perlahan pergi membawa HP korban. Korban baru sadar HP ilang dibawa pelaku berapa menit kemudian," jelasnya.

Modus Penipuan Berkedok Petugas Bank

Modus penipuan berkedok petugas bank memang sering terjadi. Pelaku biasanya akan berpura-pura sebagai petugas bank dan menawarkan berbagai layanan, seperti pendaftaran bank, aktivasi kartu ATM, atau pembaharuan data nasabah.

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Petugas Bank:

- Jangan mudah percaya kepada orang yang mengaku sebagai petugas bank, meskipun mereka menunjukkan seragam atau identitas resmi.
- Hubungi pihak bank terkait untuk memastikan kebenaran informasi yang disampaikan oleh pelaku.
- Jangan pernah memberikan informasi pribadi, seperti PIN ATM, kode OTP, atau data diri kepada orang lain, termasuk yang mengaku sebagai petugas bank.
- Segera laporkan ke pihak bank dan kepolisian jika Anda menjadi korban penipuan.

Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan. Pastikan Anda selalu mengecek kebenaran informasi dan tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut