get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Depok Gelar Tradisi Ngubek Empang pada Gelaran Lebaran Depok 2024

KBRC Gandeng Tokoh Perempuan Kelurahan Sukatani Mpok Hj Nuryuliani Lestarikan Budaya Ngubek Empang

Senin, 11 Maret 2024 | 12:15 WIB
header img
Tokoh Perempuan Sukatani, Mpok Hj Nuryuliani menghadiri acara ngubek empang KBRC. Foto : Indra Siregar.

TAPOS DEPOK, iNews Depok.id - Keluarga Besar Remaja Ciherang (KBRC) bersama Tokoh Perempuan Kelurahan Sukatani, Mpok Hj. Nuryuliani mengadakan kegiatan ngubek empang

Ketua KBRC, Irfan Januar mengatakan kegiatan ngubek empang merupakan tradisi warga di Kampung Ciherang,  Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. 

"Kami menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriah dengan penuh sukacita. Salah satunya lewat budaya ngubek empang yang disuport anggota dewan kami yang baru, Mpok Hj. Nuryuliani," ucap Irfan Januar, Senin (11/03/2024).

Dia mengungkapkan, tardisi ngubek empang merupakan kegiatan tahunan yang mereka lakukan untuk menyambut bulan puasa. 

Ngubek empang juga sarat akan makna kekerabatan dan persaudaraan sesama warga Ciherang. 


Suasana ngubek empang KBRC. Foto : Indra Siregar.

"Karena lewat kegiatan ini kami bisa menjaga dan memperpanjang tali silaturrahmi antar warga. Yang tadinya gak kenal jadi kenal, karena semua warga di Ciherang bisa ikut ngubek empang," tururnya. 

"Tujuan lain dari tradisi ini,  kalau ke depan antar warga ada apa - apa di jalan bisa saling bantu. Apalagi kalau ada warga yang jadi pejabat atau pengusaha bisa berkontribusi untuk memajukan Kampung Ciherang tercinta. Harapannya juga bisa menyangkat derajat warga Ciherang," ungkapnya. 

Dia menambahkan,  acara ngubek empang ini juga semakin meriah dengan suport yang diberikan Tokoh Perempuan Kelurahan Sukatani Mpok Hj. Nuryuliani, berupa sumbangan ikan sebanyak 500 kg untuk ditangkap warga. 

"Alhamdulillah Mpok Hj. Nuryuliani memberi sumbangan ikan mas, lele,  jahir,  bawal,  dan nila, sebanyak lima kwintal," terangnya.

Sementara itu, Mpok Hj. Nuryuliani berharap tradisi ngubek empang ini bisa terus dipertahankan karena memiliki nilai kebersamaan yang tinggi. 

"Tentunya saya sebagai putri asli Ciherang berharap agar warga Ciherang selalu kompak dan bahu membahu untuk membangun kemajuan kampungnya. Saya juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah bagi seluruh warga Ciherang khususnya,  dan warga Depok pada umumnya," tutupnya. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut