get app
inews
Aa Read Next : Remaja Cantik Shafa Aqila Aluraissa Ikuti Miss Teen Global di Kuala Lumpur

Dukung Desainer dan Jenama Lokal hingga ke Luar Negeri Lewat ZALORAYA 2024

Senin, 26 Februari 2024 | 21:45 WIB
header img
Produk-produk dari desainer tanah air yang berkolaborasi bersama ZALORAYA 2024 adalah Benang Jarum, Ria Miranda, Nada Puspita, Klamby, Geulis, Kamila by Itang Yunasz, Preview by Itang Yunasz, Ria Atelier, dan Embara. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id  – Sambut bulan Ramadan tahun ini, ZALORA, platform fesyen online terdepan di Asia resmi meluncurkan rangkaian kegiatan seputar fesyen, gaya hidup, dan kecantikan yang berkolaborasi dengan sembilan desainer tanah air.

Bertajuk ZALORAYA 2024, acara yang digelar selama 10 hari (23 Februari - 3 Maret 2024) ini berlangsung di Grand Atrium dan Mosaic Walk, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno hadir secara langsung meresmikan penyelenggaraan ZALORAYA 2024 pada Jumat malam, 23 Februari 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengapresiasi langkah ZALORA yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan bagi gelaran ZALORAYA 2024. Sandiaga mengakui bahwa Indonesia merupakan salah satu surga bagi wisata muslim termasuk industri fesyen muslim atau modest wear, dimana fesyen termasuk sektor unggulan di antara 17 subsektor ekonomi kreatif lainnya. 

“ZALORA sebagai e-commerce tentu memiliki pengalaman lebih jauh mengenai kebutuhan pasar global, oleh karena itu kami harap ZALORA dapat berkolaborasi lebih jauh lagi dengan pelaku ekonomi kreatif dalam negeri mulai dari desainer lokal, UMKM termasuk pengrajin kain hingga komunitas yang ada di Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno hadir secara langsung meresmikan penyelenggaraan ZALORAYA 2024 pada Jumat malam, 23 Februari 2024. Foto: Ist

 

Sandiaga menambahkan, pemerintah berharap dengan kolaborasi antara pelaku ekosistem fesyen tanah air dan industri lain, dapat membuka 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024.

Victor Yap, Commercial Director Zalora Indonesia mengatakan, event ini merupakan event offline terbesar mereka karena bekerja sama dengan 9 desainer tanah air. "Menjadi salah satu event yang mempertegas komitmen kami pada kampanye Bangga Buatan Indonesia. Ini awal yang baik. Ramadan di Indonesia merupakan momen yang sangat penting. Begitu juga momen Lebaran, ini periode peak-nya sehingga kami juga berikan banyak penawaran khusus," ucap Victor.

Dalam kesempatan ini, hadir memberikan sambutan secara virtual, Direktur Perdagangan melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Kementerian Perdagangan, Rifan Ardianto, yang turut mengapresiasi ZALORA yang memberikan ruang bagi para desainer dan jenama lokal Indonesia untuk dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat sehingga dapat membuka akses yang lebih besar di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Pasalnya, sektor fesyen khususnya modest fashion terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal itu ditunjukkan melalui penyelenggaraan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) tahun 2023, penjualan di sektor fashion naik 23% dibanding 2022. Minat konsumen terhadap produk fesyen lokal juga terus meningkat.

“Peminat produk fesyen Muslim lokal tidak hanya berasal dari Indonesia melainkan dari negara lain. Hal ini menunjukkan kepercayaan dunia internasional terhadap produk fesyen Indonesia, oleh karena itu kampanye Bangga Buatan Indonesia perlu terus didorong tidak hanya bangga tapi juga membeli. Saya berharap, ZALORA Indonesia dapat terus mempromosikan jenama Indonesia dengan mempromosikan melalui berbagai kampanye dan memberi ruang yang lebih besar di platform ZALORA. Selamat untuk penyelenggaraan ZALORAYA 2024,” kata Rifan Ardianto.

ZALORAYA 2024 merupakan langkah baru bagi ZALORA untuk ikut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kreatif dan digital khususnya ekosistem fesyen dalam negeri. Kolaborasi bersama desainer lokal tanah air bertujuan untuk memamerkan karya-karya desainer ternama Indonesia lebih dekat dengan publik serta menginspirasi seluruh pelaku industri fesyen tanah air.

Lebih jauh lagi, ZALORA tidak hanya memperkenalkan desain Indonesia kepada dunia tetapi juga menyediakan platform yang lebih luas bagi para desainer Indonesia di luar negeri, dengan menampilkan merek-merek seperti Ria Atalier dan Embara di Malaysia, Singapura, dan Filipina melalui platformnya.

Selama sepuluh hari mulai dari 23 Februari - 3 Maret 2024, produk-produk dari desainer tanah air yang berkolaborasi bersama ZALORAYA 2024 adalah Benang Jarum, Ria Miranda, Nada Puspita, Klamby, Geulis, Kamila by Itang Yunasz, Preview by Itang Yunasz, Ria Atelier, dan Embara.

Masing-masing desainer hadir dengan koleksi dan ciri khasnya sendiri. Sebut saja Ria Atelier yang hadir dengan koleksinya yang hampir semua bermotif flower, dot, berbahan santili, dan ada pula beberapa tulle.


Hadir dengan koleksi yang terinspirasi dari Indonesia. Foto: Novi

 

Embara hadir dengan koleksi yang terinspirasi dari Indonesia. Kombinasi tradisional dan modern seperti tenun bermotif tradisional tapi modernize, dan ageless (semua umur bisa pakai).

Klamby hadir dengan Archipelago Series. Ada 5 koleksi mereka yang terinspirasi dari budaya Sabang hingga Merauke. Dengan cutting sangat eksklusif, tidak pernah ditemukan di brand mana pun.

Ria Miranda hadir dengan koleksi bertema Selayar. Terinspirasi kota Makassar, cerita ketekunan ibu-ibu di Makassar yang memiliki peran utama untuk lingkungan sekitar. Tak hanya itu, dihadirkan pula berbagai macam pilihan untuk keluarga, sarimbit untuk ayah, ibu, dan anak. 

Benang Jarum punya 10 looks terinspirasi cantiknya bulu merak. Ada blouse, tunik, dress dengan warna lebih ke gold.

Nada Puspita hadirkan koleksi bumi, tidak terlalu banyak main warna, dan hadirkan warna-warna pastel. 

Geulis hadir dengan 12 looks, memiliki story telling yang diambil dari masing-masing series serta berunsur Indonesia (enchanted Indonesia). 

Direktur ZALORA Indonesia, Aashish Midha dalam sambutan virtualnya mengatakan bahwa gelaran ZALORAYA 2024 bukan hanya sebuah selebrasi fesyen melainkan tempat bersatunya komunitas, budaya, dan talenta-talenta membanggakan dari Indonesia untuk dapat terus menggaungkan semangat yang sejalan dengan kampanye pemerintah yakni ‘Bangga Buatan Indonesia’.

“Saya tersanjung dengan partisipasi dan kepercayaan yang diberikan oleh desainer-desainer membanggakan Indonesia kepada ZALORA. Tidak hanya itu, kami sangat tersentuh dengan dukungan dan semangat yang terus kami terima dari pemerintah Indonesia. Kami menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dukungan yang terus diberikan terhadap upaya kami,” kata Aashish Midha.

Selain Live Fashion Show dari seluruh desainer yang berlangsung di hari pertama, berbagai kegiatan seperti exhibition, community engagement, meet & greet dengan influencers, styling session, styling makeover, hairdo tutorial, hijab styling session, dan beragam talk show seputar gaya hidup, kecantikan, dan fesyen dihadirkan selama 10 hari untuk memanjakan para pengunjung.


Pengunjung dapat melihat pop-up store ZALORAYA yang berisikan koleksi terbaru dari berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Foto: Novi

 

Sementara itu, tidak hanya fashion show di Grand Atrium, Kota Kasablanka, pengunjung juga dapat melihat pop-up store ZALORAYA yang berisikan koleksi terbaru dari berbagai merek, baik lokal maupun internasional di area Mosaic Walk hingga 3 Maret 2024 mendatang. Sejumlah merek tersebut diantaranya Hush Puppies, Vans, Veja, Aldo, BOSS, Under Armour, AvoSkin, GAP, Superdry, Longchamp, dan masih banyak lagi.

Dengan kemeriahan dan partisipasi dari desainer kebanggaan tanah air, ZALORAYA 2024 diharapkan menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadan dan berbagi momen bahagia tersebut bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Hal ini ditunjukkan melalui ZALORA yang bangga menjadi pelopor modest wear bagi para seniman dan desainer lokal sejak tahun 2013. Dukungan ZALORA kepada desainer dan brand modest wear juga terus ditunjukkan melalui komitmen perusahaan untuk membantu ekosistem ini berkembang melalui ritel dan inovasi. Sebagai salah satu e-commerce berskala besar, ZALORA juga memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan sekaligus memberikan jangkauan yang lebih luas kepada brand dan desainer lokal.

“Kami harap ZALORAYA 2024 di Indonesia akan menjadi selebrasi yang penuh dengan keberagaman dan inklusivitas sehingga dapat mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kehangatan dalam menyambut bulan Ramadan,” tutup Aashish.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut