get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Kunjungi dan Beri Bantuan Kepada Penerima Bantuan RTLH

Gedung Kantor Kelurahan Cilangkap Satu Satunya yang Memiliki Rooftop di Kota Depok

Selasa, 06 Februari 2024 | 07:19 WIB
header img
Penampakan Gedung Kantor Kelurahan Cilangkap. Foto : Indra Siregar.

TAPOS DEPOK, iNews Depok.id - Kantor Kelurahan Cilangkap di Kecamatan Tapos mengusung konsep gedung yang jauh berbeda dari 62 gedung kantor kelurahan lain di Kota Depok. 

Kantor Kelurahan Cilangkap sejauh ini menjadi satu - satunya gedung kantor kelurahan yang memiliki rooftop.

Lurah Cilangkap, Teguh Santoso Mengatakan, gedung Kantor Kelurahan Cilangkap ini dibangun dengan menggunakan anggaran Tahun 2022.

"Pembangunan menggunakan anggaran tahun 2022 dengan pagu Rp 4 miliar, dan realisasi anggaran Rp 3,9 miliar," ucapnya, Senin (5/2/2022).

Dia mengungkapkan, pembuatan rooftop merupakan ide atau inovasi yang dia tuangkan dalam rancangan pembangunan gedung tersebut, agar memberi ruang lebih bagi masyarakat untuk berkarivitas di kelurahan tersebut.

"Saya ikut serta dalam Detail Enginering Design (DED) pembangunan gedung ini makanya bisa berbeda dengan kantor kelurhan lain," ujarnya.

Teguh Santoso ikut ambil bagian dalam perancangan bangunan gedung kelurahan lantaran ingin menyalurkan karya dan inovasi, dalam menciptakan gedung yang representatif dan memberikan kenyamanan bagi warga yang datang untuk mengurus pelayanan di sana. 

"Saya menempatkan bangunan musala di depan kantor kelurahan, agar masyarakat baik yang mengurus pelayanan ataupun tidak bisa dengan mudah mencari tempat solat," tuturnya. 

"Lalu saya merancang rooftop ini untuk dimanfaatkan sebagai kreatif space. Di rooftop ini warga bisa mengadakan berbagai kegiatan, dan bisa merasakan pemandangan yang luas Kelurahan Cilangkap dari sini, bahkan pemandangan bukit Hambalang pun bisa terlihat dari sini," imbuhnya. 

Selain itu, Teguh juga mengkonsep sisah lahan di halaman gedung Kantor Kelurahan Cilangkap menjadi tempat pengembangan UMKM dan lokasi urban farming. 

"Pelaku UMKM bisa berjualan di halaman kantor kelurahan seusai jam pelayanan, mengingat wilayah ini merupakan kawasan ramai masyarakat," terangnya. 

"Lokasi urban farming juga kami tanami dengan pohon anggur, tanaman obat keluarga, sayuran hydriponik, dan budidaya ikan lele dengan media galon air mineral," katanya. 

Dia berharap, gedung Kantor Kelurahan Cilangkap ini dapat memberi manfaat lebih untuk warga Kelurahan Cilangkap. 

"Saya berharap gedung yang sekarang ini bisa membawa dampak dan manfaat yang besar untuk kemajuan pelayanan dan pembangunan masyarakat di sini," tutupnya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut