get app
inews
Aa Read Next : AS Serang 2 Sekutu Iran di Suriah

Turki Lakukan Serangan Udara, Sikat Kurdi di Irak dan Suriah

Minggu, 14 Januari 2024 | 16:56 WIB
header img
Sebuah jet tempur F-16 Turki lepas landas dari pangkalan udara Incirlik di selatan kota Adana, Turki. Foto: Murad Sezer/Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Turki telah mengebom beberapa lokasi yang diduga terkait dengan kelompok Kurdi di Suriah dan Irak utara sebagai pembalasan atas kematian sembilan tentara Turki di Irak.

 

Dilansir Al Jazeera pada hari Sabtu (13/12024). Penggerebekan terjadi satu hari setelah serangan terhadap pangkalan militer Turki di Irak yang mengakibatkan kematian tentara.

 

Kementerian mengatakan serangan tersebut menargetkan 29 lokasi – termasuk “gua, bunker, tempat berlindung dan instalasi minyak” milik Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG), sebuah kelompok Kurdi Suriah yang menjadi elemen sentralnya dalam koalisi sekutu Amerika Serikat melawan ISIS.

 

Turki sering melakukan serangan terhadap lokasi di Suriah dan Irak yang diduga terkait dengan PKK.

 

Kelompok separatis Kurdi, yang dilarang di Turki, dianggap sebagai organisasi “teror” oleh Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

 

Kementerian pertahanan mengatakan jet tempur menyerang sasaran di Metina, Hakurk, Gara dan Qandil di Irak utara, namun tidak merinci wilayah mana di Suriah. Dikatakan bahwa tujuannya adalah “untuk menghilangkan serangan teroris terhadap rakyat dan pasukan keamanan kami… dan untuk menjamin keamanan perbatasan kami”.

 

Pernyataan itu mengatakan bahwa “banyak” pejuang bersenjata “dinetralisir” dalam serangan tersebut, sebuah istilah yang digunakan Turki untuk merujuk pada pejuang yang terbunuh atau ditangkap.

 

Pada Jumat malam, para penyerang berusaha menyusup ke pangkalan militer di wilayah semi-otonom Kurdi di Irak utara, menewaskan lima tentara. Empat lainnya meninggal kemudian karena luka kritis. Kementerian mengatakan 15 pejuang juga tewas.

 

Turki meluncurkan Operasi Claw-Lock di Irak utara pada bulan April 2022, di mana Turki mendirikan beberapa pangkalan di provinsi Duhok. Irak telah berulang kali memprotes kehadiran pasukan Turki dan menyerukan penarikan mereka.

“Kami akan berjuang sampai akhir melawan organisasi teroris PKK di dalam dan di luar perbatasan kami,” Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan menulis di X.

 

Presiden Recep Tayyip Erdogan akan mengadakan pertemuan keamanan di Istanbul pada Sabtu malam, kata direktur komunikasinya Fahrettin Altun.

 

Juga pada hari Sabtu, 113 orang ditangkap karena dicurigai memiliki hubungan dengan PKK dalam penggerebekan nasional, kata Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya pada X.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut