get app
inews
Aa Read Next : Museum SBY-ANI Punya 3 Memori dan Sampaikan Pesan Moral Bagi Para Pemimpin Bangsa

Nama Gunung Bawah Laut Jogo Jagad di Pacitan Kini Resmi Diakui secara Internasional

Selasa, 19 Desember 2023 | 18:21 WIB
header img
Gunung Bawah Laut Jogo Jagad. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Gunung Bawah Laut "Jogo Jagad" di perairan selatan Pacitan, Jawa Timur resmi mendapat persetujuan secara internasional dari SCUFN.

Jogo Jagad adalah nama yang diberikan pada sebuah gunung bawah laut (seamount) yang terletak sekitar 260 kilometer sebelah selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Nama tersebut mendapat persetujuan pada sidang ke-36 Sub-Committee on Undersea Features Names (SCUFN) yang digelar pada 6 hingga 10 November lalu di Wollongong, New South Wales, Australia. 

Nama Jogo Jaga diambil dari bahasa Jawa 'jogo' yang bermakna menjaga dan kata 'jagat' berarti bumi atau alam semesta. Nama tersebut diharapkan dapat menjadi simbol perlindungan dunia dari potensi bahaya dan bencana.

Gunung tersebut terdeteksi di kedalaman laut sekitar 6.000 meter, memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut, dan puncaknya sekitar 3 hingga 4 kilometer dari permukaan air laut.

Gunung bawah laut ini merupakan hasil tumbukan Lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia dan tidak memiliki tanda-tanda vulkanisme.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut