get app
inews
Aa Read Next : Presiden Erdogan Bersumpah akan Terus Dukung Gaza

Mesir Akan Tingkatkan Kiriman Bahan Bakar Harian ke Jalur Gaza

Sabtu, 16 Desember 2023 | 09:45 WIB
header img
Perbatasan Rafah di Mesir pada 10 Desember 2023. Foto: Anadolu Agency

DEPOK, iNewsDepok.id - Mesir pada Rabu mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan volume pengiriman bahan bakar harian ke Jalur Gaza, dari 129.000 liter menjadi 189.000 liter sesuai dengan perjanjian dengan Israel.

Mesir melanjutkan upaya intensif untuk memastikan masuknya bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, kata Diaa Rashwan, kepala Layanan Informasi Negara Mesir, sebagaimana dikutip dari Anadolu.

Sejak Selasa, truk bantuan mulai melintasi terminal perbatasan Rafah ke penyeberangan Karem Abu Salem sebagai implementasi perjanjian dengan pihak Israel, tambah dia.

Hal ini diharapkan dapat memudahkan kedatangan truk ke Jalur Gaza, sehingga jumlahnya meningkat menjadi 60 hingga 80 setiap hari, kata Rashwan.

Dia menyebut total jumlah truk yang menyeberang dari perbatasan Rafah ke Jalur Gaza sudah 4.057 truk sejak awal masuknya bantuan ke wilayah kantong tersebut dari sisi penyeberangan Mesir.

Israel melancarkan operasi militer ke Jalur Gaza melalui udara dan darat, memberlakukan pengepungan dan melancarkan serangan darat sebagai pembalasan atas serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.

Setidaknya 18.608 warga Palestina terbunuh dan 50.594 lainnya terluka dalam serangan gencar Israel sejak saat itu, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut laporan resmi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut