get app
inews
Aa Read Next : Siapakah Saleh al-Arouri, Pemimpin Hamas yang Terbunuh di Beirut?

Israel dan Hamas Terlibat Bentrokan Sulit di Gaza Selatan

Kamis, 07 Desember 2023 | 11:33 WIB
header img
Reruntuhan bangunan di Gaza Selatan akibat serangan Israel. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Militer Israel membombardir kota utama Gaza selatan dalam apa yang disebutnya sebagai pertempuran terberat sejak negara itu memulai invasi darat untuk melenyapkan Hamas lima minggu lalu, sementara Amerika Serikat kembali menekan Israel untuk mengizinkan bahan bakar dan bantuan penting masuk daerah kantong Palestina.

Israel mengatakan pasukannya, yang didukung oleh pesawat perang, terlibat dalam pertempuran sengit di Gaza pada hari Rabu, sehari setelah militer mencapai jantung Khan Younis dan juga mengepung kota tersebut.

Sayap bersenjata Hamas, Brigade al Qassam mengatakan para pejuangnya terlibat dalam bentrokan dengan militer Israel yang melaporkan bahwa mereka telah menyerang ratusan sasaran di daerah kantong tersebut, termasuk sel militan di dekat sebuah sekolah di utara.

Peningkatan pertempuran terjadi setelah gencatan senjata antara Israel dan Hamas gagal pekan lalu.

Sayap bersenjata Hamas mengatakan mereka membunuh atau melukai delapan tentara Israel dan menghancurkan 24 kendaraan militer pada hari Selasa. Sebuah situs web militer Israel mencatat dua kematian tentara pada hari Selasa dan 83 kematian sejak operasi darat dimulai.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan banyak warga sipil tewas dalam serangan Israel terhadap rumah-rumah di Deir al-Balah, utara Khan Younis. Dr Eyad Al-Jabri, kepala Rumah Sakit Shuhada Al-Aqsa di sana, sebagaimana dikutip dari Reuters setidaknya 45 orang tewas.

Kantor media Hamas mengatakan pada hari Selasa setidaknya 16.248 orang termasuk 7.112 anak-anak dan 4.885 wanita telah dibunuh di Gaza oleh militer Israel sejak konflik meletus pada 7 Oktober. Ribuan lainnya hilang dan dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan. Angka-angka tersebut tidak segera diverifikasi oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

Israel melancarkan kampanyenya sebagai respons terhadap serangan pejuang Hamas yang mengamuk di kota-kota Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang, menurut penghitungan Israel.

Polisi Israel sedang menyelidiki dugaan kejahatan seksual selama pembunuhan massal tersebut dan Kementerian Kehakiman mengatakan para korban disiksa, dianiaya, diperkosa, dibakar hidup-hidup, dan dipotong-potong.

Sejak gencatan senjata gagal, Israel telah memasang peta online untuk memberi tahu warga Gaza bagian mana dari wilayah kantong tersebut yang harus dievakuasi untuk menghindari serangan. Kawasan timur Khan Younis ditandai pada hari Senin, dan ratusan ribu penduduknya mengungsi dengan berjalan kaki.

Warga Gaza mengatakan tidak ada tempat yang aman, karena kota-kota dan tempat penampungan lainnya sudah kewalahan, dan Israel terus mengebom daerah-daerah yang diperintahkan untuk dikunjungi.

Di Rumah Sakit Nasser utama Khan Younis, korban luka tiba dengan ambulans, mobil, truk bak terbuka, dan kereta keledai setelah apa yang digambarkan oleh para penyintas sebagai serangan terhadap sebuah sekolah yang digunakan sebagai tempat berlindung bagi para pengungsi.

Di dalam bangsal, hampir setiap inci lantai yang berlumuran darah ditempati oleh korban luka termasuk anak-anak kecil, dan petugas medis bergegas dari satu pasien ke pasien lain sementara kerabatnya meratap.

Dua orang gadis sedang dirawat, masih berlumuran debu akibat runtuhnya rumah yang mengubur keluarga mereka.

“Orang tuaku ada di bawah reruntuhan,” isak seorang anak. "Aku ingin ibuku, aku ingin ibuku, aku ingin keluargaku."

Di tengah berlanjutnya kekhawatiran internasional atas penderitaan Gaza, Amerika Serikat, sekutu terdekat Israel, pada hari Selasa menegaskan kembali bahwa Israel perlu berbuat lebih banyak untuk mengizinkan bahan bakar dan bantuan lainnya masuk ke Gaza dan mengurangi kerugian terhadap warga sipil . Meskipun jumlah korban tewas meningkat, dikatakan bahwa Israel kini menunjukkan penerimaan terhadap seruan tersebut.

“Tingkat bantuan yang masuk tidak mencukupi,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada konferensi pers. “Harganya perlu ditingkatkan, dan kami telah menjelaskannya kepada pemerintah Israel.”

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa Hamas telah berulang kali memperkosa perempuan dan memutilasi tubuh mereka selama serangannya di Israel selatan, mengutip para penyintas dan saksi.

“Ini mengerikan,” katanya pada acara penggalangan dana politik di Boston.

Dalam pernyataan di saluran Telegram, Hamas mengecam tuduhan Biden sebagai tuduhan palsu dan mengatakan dia bergabung dengan upaya Israel untuk menutupi kejahatan perang yang dilakukan dengan dukungan AS.

Israel mengatakan sejumlah perempuan dan anak-anak masih berada di tangan Hamas. Selama jeda pertempuran, Hamas mengembalikan lebih dari 100 sandera sementara 138 tawanan masih tersisa.

Biden menyalahkan Hamas yang didukung Iran atas gagalnya gencatan senjata pekan lalu, dan mengatakan bahwa “penolakan kelompok militan tersebut untuk melepaskan perempuan muda yang tersisa adalah alasan yang melanggar kesepakatan ini”.

Israel dan Hamas saling menuduh satu sama lain merusak perundingan.

Pejabat Hamas Osama Hamdan mengatakan tidak akan ada lagi sandera yang dibebaskan sampai agresi Israel berhenti.

Secara terpisah, AS memberlakukan larangan visa terhadap orang-orang yang terlibat dalam kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel setelah meminta Israel berbuat lebih banyak untuk mencegah serangan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina. Dua remaja Palestina dibunuh oleh pasukan Israel di Tubas, Tepi Barat, kantor berita resmi Palestina WAFA melaporkan pada hari Rabu.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada hari Selasa mengutuk kekerasan yang dilakukan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut