get app
inews
Aa Read Next : Pengungsi Rohingya Bertambah, Yasonna : Mereka Juga Korban Mafia yang Membawa Mereka

1,5 Juta Warga Palestina Meninggalkan Gaza Akibat Konflik dengan Israel

Senin, 20 November 2023 | 08:12 WIB
header img
1,5 Juta Warga Palestina Mengungsi dari Gaza. Foto: Anadolu via Getty Images @Anadolu Agency

JAKARTA, iNewsDepok.id - Konflik antara Israel dan Palestina yang memanas sejak awal November 2023 telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang parah di Jalur Gaza. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 1,5 juta warga Palestina telah meninggalkan Gaza akibat serangan udara dan darat yang dilancarkan oleh Israel.

PBB menyatakan bahwa jumlah pengungsi Palestina mencapai 70 persen dari total populasi Gaza yang berjumlah 2,1 juta jiwa. Sebagian besar pengungsi tersebut mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Mesir, Yordania, Lebanon, dan Turki. Namun, banyak juga yang terjebak di perbatasan atau di tempat-tempat penampungan yang tidak memadai .

Situasi di Gaza semakin memburuk akibat kurangnya pasokan air, makanan, obat-obatan, dan bahan bakar. Selain itu, banyak infrastruktur dan fasilitas publik yang rusak atau hancur akibat serangan Israel, seperti rumah sakit, sekolah, masjid, dan jaringan listrik  .

PBB mengecam peningkatan serangan Israel di selatan Jalur Gaza yang melanggar jaminan aman yang disepakati sebelumnya. PBB juga mendesak agar ada gencatan senjata segera dan dialog damai antara kedua belah pihak.

Reaksi warganet di media sosial pun tak terhindarkan. Banyak warganet yang mengungkapkan keprihatinan dan kemarahan atas kondisi kritis yang dihadapi warga Gaza. Tagar seperti #SaveGaza dan #HumanityFirst mulai viral, mencerminkan dorongan untuk membantu dan menyuarakan keprihatinan internasional.

“Saya sangat sedih melihat kondisi saudara-saudara kita di Palestina. Saya berdoa agar Allah memberikan perlindungan dan pertolongan kepada mereka. Saya juga berharap agar konflik ini segera berakhir dan ada perdamaian di tanah suci.” tulis warganet.

“Saya sangat marah dengan sikap Israel yang sewenang-wenang dan brutal terhadap rakyat Palestina. Saya mendukung perjuangan Palestina untuk mempertahankan hak dan tanah mereka. Saya juga mengutuk keras tindakan Israel yang melanggar hak asasi manusia dan hukum internasional.” tambah warganet.

“Saya sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza. Saya berharap ada bantuan yang cepat dan tepat dari pemerintah dan organisasi internasional untuk membantu pengungsi Palestina. Saya juga berharap ada solusi politik yang adil dan permanen untuk menyelesaikan konflik ini.” tambah warganet.

“Saya sangat terkejut melihat gambar-gambar yang menunjukkan penderitaan rakyat Palestina. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya hidup di bawah ancaman dan ketakutan setiap hari. Saya berharap ada kesadaran dan kemanusiaan dari pihak Israel untuk menghentikan serangan mereka.” tambah warganet.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut