get app
inews
Aa Read Next : Asuransi Astra Beri Persembahan Spesial untuk Pelanggan Setia di Hari Pelanggan Nasional

Terus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Asuransi, Hari Asuransi 2023 Digelar di 13 Titik di 10 Kota

Rabu, 18 Oktober 2023 | 17:21 WIB
header img
Ki-ka: Erwin Hanapi Noekman Direktur Eksekutif DAI (Moderator), Iwan Pasila, Dewi Astuti, Djonieri, dan Rio Darante. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menarik mendengar cerita Djonieri, Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun, saat konferensi pers Hari Asuransi 2023 di Ballroom AAUI, Permata Kuningan Lantai 2, Jakarta Selatan pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Saat melakukan kunjungan ke daerah-daerah, Djonieri bertanya di depan anak-anak Sekolah Dasar yang hadir. “Kalian tahu nggak asuransi?” tanya Djonieri. Suasana hening, tak ada satu pun anak yang menjawab. Djonieri kemudian bertanya lagi, “Kalian tahu bank?” Serentak semua anak menjawab, “Tahuuuu…” 

Ya, masih rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia, merupakan tantangan tersendiri bagi industri asuransi.


Rudy Kamdani, Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI). Foto: Novi

 

Dalam sambutannya di Hari Asuransi 2023 yang diperingati setiap 18 Oktober, Rudy Kamdani, Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyebutkan, penetrasi asuransi di Indonesia baru sebesar 3,1 persen. “Masih sangat jauh bila dibandingkan dengan Singapura misalnya, yang sudah 12 persen,” tandas Rudy. “Oleh karena itu, tantangan sekaligus peluang, literasi dan inklusi asuransi masih harus terus ditingkatkan,” tambah Rudy.       

Dikatakan Iwan Pasila, Deputi Komisioner Bidang Pengawasan Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, mengacu kepada literasi dan inklusi pada hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2022, literasi dan inklusi pada sektor asuransi masih perlu ditingkatkan untuk mengimbangi level Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang lain, walaupun mengalami pertumbuhan sejak dua periode, hal ini sejalan dengan tingkat penetrasi dan densitas yang masih perlu pencapaian lebih tinggi di Indonesia.

“Literasi pada sektor perasuransian berada pada level 31.72% sedangkan inklusi pada level 16.63%, pencapaian ini masih sangat perlu ditingkatkan untuk mengimbangi perbankan dimana literasi pada sektor ini mencapai 49.93% dan inklusi pada level 74.03%,” terang Iwan.

Mendukung hal tersebut, Panitia Hari Asuransi 2023 yang diketuai oleh Rio Darante dari APKAI (Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia) pun menyelenggarakan serangkaian kegiatan literasi dan inklusi kepada masyarakat luas dengan berbagai acara, baik sosialisasi maupun promosi dari masing-masing perusahaan asuransi, institusi terkait, dan juga kerjasama dengan asosiasi perasuransian di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengetahui asuransi lebih jauh lagi.

“Penting juga untuk digitalisasi di industri asuransi. Bicara digitalisasi, harus bicara perlindungan konsumennya. Seleksi risiko saat orang mau masuk. Jangan justru pada saat orang mau klaim,” cetus Dewi Astuti, Kepala Departemen Pengawasan Asuransi dan Jasa Penunjang IKNB. “Bagaimana menggunakan teknologi yang benar ini jadi PR kita bersama,” ucap Dewi.

Untuk informasi, dari sisi kinerja industri asuransi secara agregat, pendapatan premi menunjukkan peningkatan pada periode Agustus 2023 dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Pendapatan premi asuransi meningkat menjadi Rp360,6 triliun (Agustus 2023) dari Rp351,2 triliun (Agustus 2022).

Di pihak lain, RBC industri asuransi masih memenuhi batas ketentuan RBC minimal yaitu 120%. Permodalan industri asuransi jiwa dan asuransi umum masih terjaga dengan rata-rata RBC masing-masing mencapai 489,93% dan 311,54%.

Berdasarkan Statistik OJK, jumlah Klaim per Agustus 2023 meningkat menjadi Rp280,5 triliun dari Rp251,01 triliun pada bulan Agustus 2022. Hal tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan kepada perusahaan asuransi sebagai lembaga keuangan yang dapat memberikan jaminan perlindungan. Hal tersebut membuktikan bagaimana masih banyaknya kebermanfaatan memiliki asuransi sebagai proteksi baik untuk pribadi maupun perusahaan.


Rangkaian kegiatan “Literasi Asuransi untuk Negeri” berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani. Foto: Novi

 

Dikarioso, Ketua Umum APKAI menyampaikan bahwa, “Literasi asuransi kepada masyarakat harus didukung dan ditingkatkan oleh seluruh pelaku industri perasuransian, termasuk APKAI sebagai bagian dalam industri perasuransian akan berperan aktif dalam literasi asuransi kepada masyarakat agar memahami hak dan kewajiban dalam berasuransi sehingga masyarakat sadar akan manfaat berasuransi.”

Rangkaian kegiatan “Literasi Asuransi untuk Negeri” berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani, dengan harapan dapat meningkatkan perluasan inklusi perasuransian kepada sektor UMKM, dengan melakukan kegiatan literasi di beberapa kota di Indonesia seperti Manado, Makassar, Medan, Semarang, Mataram (NTB), Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Banda Aceh.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut