get app
inews
Aa Read Next : Liverpool Sempurna di Liga Europa, Gelontor Toulouse 5-1

Skotlandia Lolos ke Final Euro 2024 di Jerman

Senin, 16 Oktober 2023 | 09:03 WIB
header img
Gol kemenangan gelandang Spanyol Gavi melawan Norwegia memastikan tempat untuk kelolosan Skotlandia di Euro 2024. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Skotlandia lolos ke Euro 2024 dengan dua pertandingan tersisa berkat kemenangan 1-0 Spanyol atas Norwegia, yang menjamin tim asuhan Steve Clarke finis di dua besar Grup A.

Skotlandia kini tertinggal selisih gol dari Spanyol, namun Norwegia, yang terpaut lima poin dengan hanya satu pertandingan tersisa, tidak dapat mengejar kedua tim.

Pasukan Skotlandia kini telah mencapai Kejuaraan Eropa berturut-turut di bawah asuhan Clarke, dan telah lolos dari grup kualifikasi untuk mencapai final besar untuk pertama kalinya sejak 1997.

Skotlandia memiliki peluang untuk mengamankan tempat mereka di Seville pada hari Kamis, tetapi kalah 2-0 dari Spanyol dalam kekalahan pertama mereka dalam enam pertandingan kualifikasi.

Namun lima kemenangan Skotlandia dari lima pertandingan pembukaannya memberi tekanan pada Norwegia untuk memenangkan tiga pertandingan terakhirnya. 

Meskipun Norwegia mengalahkan Siprus 4-0 pada hari Kamis, mereka gagal di Oslo ketika Spanyol mengamankan tiket mereka dan Skotlandia.

Gol Alvaro Morata di babak pertama dianulir karena offside sebelum Gavi mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut pada menit ke-49 saat tim tamu meniadakan ancaman striker superstar Norwegia dan Manchester City Erling Haaland.

Norwegia, yang absen di turnamen-turnamen besar sejak Euro 2000, kini hanya berpotensi lolos melalui babak play-off, namun harus tetap berada di peringkat ketiga dan berharap Serbia lolos dari Grup G agar bisa lolos.

Skotlandia memiliki dua pertandingan tersisa, tandang ke Georgia dan menjamu Norwegia bulan depan, saat mereka berupaya merebut Spanyol sebagai juara grup dan meningkatkan peluang mereka untuk menjadi unggulan teratas dalam undian.

Spanyol menyelesaikan kampanye mereka dengan menghadapi dua tim terbawah, dengan perjalanan ke Siprus diikuti dengan pertandingan kandang melawan Georgia.

Skotlandia dan Spanyol bergabung dengan Portugal, Prancis, Belgia dan Turki dalam mencapai putaran final musim panas mendatang, dengan Jerman otomatis lolos sebagai tuan rumah.

Skotlandia mengalami absen selama 23 tahun dari turnamen besar sebelum mencapai Euro 2020 yang tertunda dua tahun lalu dengan memenangkan play-off yang mereka dapatkan melalui Nations League.

Setelah gagal lolos ke Piala Dunia tahun lalu, Clarke kini menjadi manajer pertama yang membimbing Skotlandia ke Kejuaraan Eropa berturut-turut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut