get app
inews
Aa Read Next : Restoran Viral di Bandung Memberdayakan Penyandang Dwarfisme untuk Bekerja

Warga Depok Perlu Tahu Nih! Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Barat, Kampus Kamu Masuk?

Rabu, 11 Oktober 2023 | 21:13 WIB
header img
Universitas swasta terbaik di Kota Bandung menjadi pilihan bagi calon mahasiswa untuk menimba ilmu

DEPOK, iNewsDepok.id - Universitas swasta terbaik di Kota Bandung menjadi pilihan bagi calon mahasiswa untuk menimba ilmu di sana. Para calon mahasiswa biasanya memilih universitas terbaik.

Pemprov Jawa Barat baru saja menampilkan daftar Top 10 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Barat.

Peringkat tersebut diambil dari publikasi Unirank 2023, yang meranking universitas-universitas terbaik di seluruh dunia.

Unirank merupakan pemeringkat perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia yang berpusat di Australia.

Portal pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank telah merilis daftar universitas swasta terbaik di Bandung tahun 2023.

Kriteria seleksi yang digunakan UniRank untuk menentukan perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung meliputi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ketersediaan program sarjana tiga tahun, jenjang pascasarjana gelar master, atau doktor, serta kelas dalam format tatap muka. 

Berikut ini adalah 10 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Barat versi Unirank 2023:

1. Universitas Telkom

Universitas Telkom atau Telkom University termasuk sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung versi UniRank.  Universitas Telkom menempati peringkat ke 10 sebagai universitas swasta terbaik versi UniRank. 

2. Universitas Katolik Parahyangan

Berdiri sejak 1955, salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia ini menempati peringkat ke-62 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank. Sementara itu, menurut BAN-PT universitas ini mendapat peringkat akreditasi unggul.

3. Universitas Pasundan

Universitas Pasundan menempati posisi ke-67 sebagai universitas swasta terbaik di Bandung versi UniRank. Berdasarkan data yang dikutip dari laman BAN-PT, Universitas Pasundan mendapatkan peringkat akreditasi Unggul.

4. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Kota Bandung. Universitas Islam Bandung terakreditasi unggul oleh BAN-PT dan menempati posisi ke-77 sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia versi uniRank. 

5. Institut Teknologi Nasional ( Itenas)

Universitas swasta terbaik di Bandung selanjutnya adalah Itenas. Universitas yang berlokasi di Jalan PH.H. Mustapa No. 23, Bandung ini menempati posisi ke-82 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank.

6. Universitas Komputer Indonesia

Universitas Komputer Indonesia terakreditasi unggul oleh BAN-PT. Tidak hanya itu saja, Perguruan Tinggi yang berada di jalan Dipatiukur ini menempati posisi ke 88 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank.

7. Universitas Sangga Buana

Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Bandung berikutnya adalah Universitas Sangga Buana. Universitas ini termasuk sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung menurut UniRank. Selain itu, Universitas Sangga Buana mendapatkan peringkat akreditasi Baik Sekali oleh BAN-PT dan menempati peringkat 105. 

8. Universitas Kristen Maranatha

Di posisi ke delapan ada Universitas Kristen Maranatha sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung versi UniRank. Universitas yang merupakan research-based teaching University dengan ekosistem inovasi tridarma yang berkelanjutan ini juga terakreditasi baik sekali oleh BAN-PT dan menempati peringkat 113. 

9. Universitas Advent Indonesia

Universitas Advent Indonesia masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Bandung versi UniRank dan berada di posisi 165. Universitas ini merupakan lembaga Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Indonesia Kawasan Barat. Universitas Advent Indonesia mendapat akreditasi B oleh BAN-PT.

10. Universitas Widyatama

Di peringkat ke sepuluh, ada Universitas Widyatama sebagai salah satu Universitas Swasta terbaik di Bandung. Kampus yang terletak di Jalan Cikutra ini mendapatkan peringkat akreditasi Unggul oleh BAN-PT dan menempati posisi 188.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut