get app
inews
Aa Read Next : Amien Rais Pagi Ini Dikabarkan Meninggal Dunia, Keluarga Sebut Masih Aktif Isi Pengajian

LPHKHT Muhammadiyah Bersama Danone Dorong Sertifikasi Halal UMKM

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 23:53 WIB
header img
Muhammadiyan dorong sertifikasi halal UMKM Indonesia. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Sertifikasi halal telah menjadi isu yang semakin penting dalam industri makanan dan minuman di seluruh dunia. Hal ini muncul sebagai respon dari semakin tumbuh dan berkembangnya kesadaran masyarakat dalam memahami  gaya hidup yang lebih sehat dan sesuai dengan aturan islam . Sebagai simpulnya, permintaan akan produk halal semakin meningkat dengan pesat

Pendiri dan Ketua Bidang Pakar Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thayyiban (LPHKHT) Muhammadiyah, Sri Wuri Handono mengatakan, Muhammadiyah sebagai organisasi dakwah yang konsisten menggaungkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dengan misi memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta layak dan harus tampil terdepan bergerak menuju kemajuan, mencerahkan dan membawa kemaslahatan bagi ummat termasuk dalam kaitannya dengan dialektika penjaminan produk yang halalan-  thayyiban.

“Secara sederhana halal dapat diartikan bahwa produk apakah itu makanan, obat, kosmetika atau barang gunaan lainnya tidak mengandung komponen yang tidak halal (haram atau najis),” katanya, Jumat (4/8/2023).

Sedangkan thayyiban diartikan bahwa produk-produk tersebut memiliki sifat dan kualitas yang baik. Misalnya rasa, bentuk penampilan, daya awet, dan keamananya untuk dikonsumsi dari segi kesehatannya.

“LPHKHT Muhammadiyah dalam melayani masyarakat, tidak hanya menekankan pada aspek pemeriksaan halal saja melainkan juga melakukan kajian-kajian di bidang halal terkait dengan aspek-aspek syariah dan teknologi proses maupun produk sebagai sumbangsih yang diperlukan bagi dunia industri dalam mengantisipasi tuntutan dan harapan konsumen dibidang halal,” ujarnya.

Di lain pihak, Danone Indonesia mendukung pemerintah memajukan industri halal di indonesia dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan kebutuhan produk halal. Komitmen jaminan produk halal oleh Danone Indonesia diimplementasikan dalam memproduksi produk sejak pemilihan jenis material untuk memastikan terjamin kehalalannya, pengecekan material, nama material, produsen, dan asal negara produsen.

Regulatory Affairs Head Danone Indonesia, Prima Sehanputri mengatakan halal sudah menjadi salah satu bagian dari komitmen Danone Indonesia selain kualitas dan keamanan pangan dari sebuah produk.

“Kami selalu menjamin kehalalan dari produk Danone Indonesia dengan melakukan sertifikasi dari lembaga berwenang seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan BPJPH. Danone Indonesia juga mengajak pihak-pihak terkait yang sebelumnya tidak memperhatikan kehalalan dari produknya untuk menggalakkan sertifikasi halal ini,” kata Prima.

Inisiatif Danone Indonesia memiliki dampak positif terhadap industry halal di Indonesia, sejak tahun 2023 Danone Indonesia bekerjasama dengan LPHKHT Muhammadiyah dalam kegiatan perolehan sertifikasi halal melalui program sertifikasi Self Declare maupun Sertifikasi Reguler bagi pelaku UMKM dan penguatan SDM halal Muhammadiyah melalui training formal yang diselenggarakan oleh Auditor Halal dan Penyedia Halal.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut