get app
inews
Aa Read Next : Tips Sakit Kepala Hilang saat Bangun Tidur pada Pagi Hari

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala di Pagi Hari, Salah Satunya Olahraga Teratur

Kamis, 04 Mei 2023 | 08:02 WIB
header img
Inilah 5 cara mengatasi sakit kepala di pagi hari yang bisa dilakukan. Foto: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 5 cara mengatasi sakit kepala di pagi hari yang bisa dilakukan. Seringkali memang sakit kepala menyerang kapan saja tak kenal waktu.

Termasuk sakit kepala di pagi hari saat akan beraktivitas ataupun saat bangun tidur. Ada beberapa penyebab serangan sakit kepala di pagi hari.

Di antara penyebab sakit kepala di pagi hari adalah mengalami sleep apnea (gangguan tidur), mendengkur, kurang tidur di malam hari, insomnia, mengalami gangguan ritme sirkadian, tidur berlebihan, migrain, kebiasaan menggertakkan gigi, tegang karena salah postur dan posisi tidur, mabuk hingga konsumsi obat atau suplemen tertentu.

Bila setiap hari atau sering mengalami sakit kepala di pagi hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dengan begitu bisa diketahui penyebab dan cara menanganinya dengan tepat.

Tetapi bila sesekali saja mengalami sakit kepala, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan sakit kepala di pagi hari.

Lantas apa saja cara mengatasi sakit kepala di pagi hari?

Berikut ini 5 cara mengatasi sakit kepala di pagi hari, seperti dikutip dari laman resmi Sleep Foundation dan sudah ditinjau secara medis oleh dr. Anis Rehman, pada Kamis (4/5/2023):

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala di Pagi Hari

  1. Olahraga teratur

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi sakit kepala di pagi hari adalah berolahraga. Olahraga ini setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

Tetapi perlu ingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Pasalnya, hal ini bisa bikin mata dan tubuh jadi terjaga lebih lama.

  1. Bersantai

Cobalah mandi air hangat yang menenangkan, membaca atau meditasi. Semua aktivitas santai yang dilakukan di penghujung hari, membantu memberi sinyal pada tubuh bahwa memang sudah waktunya untuk tidur.

  1. Disiplin dengan jadwal tidur yang konsisten

Sebaiknya kita disiplin dengan jadwal tidur yang konsisten. Karena itu, sebaiknya tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

  1. Sesuaikan lingkungan tidur

Tidur membutuhkan ruangan yang gelap, sejuk, dan tenang. Buat lingkungan tempat tidur yang bersih, nyaman, dan jauh dari perangkat suara yang bisa menimbulkan kebisingan.

  1. Batasi kafein dan alkohol

Sebaiknya hindari minum kopi terlalu sore atau malah menenggak minuman beralkohol sebelum tidur. Ini semua bisa mengganggu tidur.

Demikianlah 5 cara mengatasi sakit kepala di pagi hari yang bisa dilakukan. Semoga membantu!

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut