get app
inews
Aa Read Next : Remaja Cantik Shafa Aqila Aluraissa Ikuti Miss Teen Global di Kuala Lumpur

Skinproof Ingatkan Pentingnya Kredibilitas Produk di Tengah Maraknya Kompetisi Pasar Kosmetik

Jum'at, 17 Maret 2023 | 11:26 WIB
header img
Ki-ka: Apt Theresia Sinandang, S. Farm (Head of Skinproof) dan Apt Ike Indrawanti, S. Farm (Cosmetic Scientist). Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Di tengah maraknya persaingan pasar kosmetik, muncul klaim-klaim produk kosmetik sebagai strategi marketing untuk menarik minat konsumen. Tak jarang hal tersebut membuat konsumen menjadi bingung.

Di sisi lain, produsen ingin membantu dengan menyajikan produk terbaik untuk konsumennya.

"Untuk itulah, Skinproof hadir sebagai jembatan antara industri dan konsumen, dalam menyajikan produk terbaik. Sehingga konsumen bisa mendapatkan produk yang aman dan efektif," kata Alfons Sindupranata, Managing Director Arya Noble dalam sambutannya saat membuka acara Skinproof Workshop: The Importance of Product Credibility di kantor pusat Arya Noble, Treasury Tower, SCBD Jakarta (16/3).

Menjembatani antara produsen dan konsumen, Skinproof (PT Derma Lab Asia) yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, menggelar diskusi edukatif dengan para beauty enthusiasts mengenai pentingnya kredibilitas produk di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik.

Industri kosmetik dapat dikatakan merupakan salah satu industri yang resilien di masa pandemi, bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat terdapat kenaikan jumlah perusahaan kosmetik sebesar 20,6% year-on-year (YoY) dari tahun 2021 ke tahun 2022. 

Pertumbuhan revenue penjualan beauty dan personal care mengalami peningkatan di seluruh kategori dengan pertumbuhan tertinggi pada perawatan kulit (skin care) sebesar 29,6%, perawatan rambut (hair care) 21,5%, dan bath & shower sebesar 12,2%, berdasarkan laporan dari Euromonitor Internasional tahun 2022.

Industri produk kosmetik yang berkembang pesat ini menyebabkan semakin riuhnya klaim terhadap produk yang berpotensi menyebabkan kebingungan konsumen dalam memilih produk dan menurunkan loyalitas terhadap suatu merek. 

Bicara mengenai kredibilitas produk, Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof, memaparkan pentingnya memahami produk dari sumber yang kredibel dan terpercaya. Menurut Theresia, masih banyak konsumen yang belum memahami apakah produk yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak.

“Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti “Membersihkan”, “Menghilangkan”, “Menyamarkan”, atau “Hypoallergenic”, sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilih produk. Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen,” ujar Theresia.

Hal senada disampaikan Apt. Ike Indrawanti, S. Farm., Cosmetic Scientist, “Dalam menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa mendalam untuk memastikan bahwa kandungan pada produk tersebut memiliki kadar yang tepat untuk memberikan hasil pada penggunanya.” 

“Disinilah peranan Skinproof diperlukan. Skinproof melakukan uji coba terhadap produk kosmetik untuk memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut. Sehingga saat konsumen melihat klaim pada produk yang telah diuji oleh Skinproof, konsumen merasa yakin dengan produk tersebut karena telah melalui berbagai tahapan riset di laboratorium Skinproof,” tegasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut