get app
inews
Aa Read Next : Foot Locker Gandeng Tiga Nama Besar dan Umumkan Kemitraan dengan Indonesian Basketball League

Pamer Gaya Hidup Mewah di Media Sosial, Kepala Bea Cukai Yogyakarta Dicopot

Rabu, 01 Maret 2023 | 19:06 WIB
header img
Tangkapan layar akun Instagram Eko Darmanto yang kini hilang. Foto : Twitter @paijodirajo.

DEPOK, iNewsDepok.id – Gara gara pamer gaya hidup mewah di Instagram, Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto (ED) dicopot dari jabatannya oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Dalam rangka memudahkan pemeriksaan, saya telah menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) agar yang bersangkutan segera dibebastugaskan pencopotan dari jabatan secepat mungkin," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers, Rabu (01/03/2023).

Eko Darmanto sempat viral, usai dirinya diketahui kerap memamerkan gaya hidupnya yang tergolong hedon di akun Instagram pribadinya @eko_darmanto_bc. Namun akun Instagram tersebut sejak Senin (27/02/2023) sudah tidak ada lagi.

Dalam akun Instagram tersebut, tampak unggahan video yang menampilkan gaya hidup Eko Darmanto dengan motor gede (moge), mobil antik, hingga pamer pesawat Cessna.

Namun dari hasil pemeriksaan Kemenkeu, pesawat Cessna yang dipamerkan Eko Darmanto merupakan milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Selain itu juga terungkap bahwa moge yang dipamerkan Eko Darmanto di Instagramnya merupakan motor pinjaman. Namun Eko Darmanto juga mengakui bahwa dirinya memiliki moge yang tidak masuk dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara atau LHKPN.

"Saya sudah instruksikan Inspektorat Jenderal dan Dirjen Bea Cukai untuk menginvestigasi dan menindaklanjuti atau perilaku dan kecocokan harta yang bersangkutan dengan LHKPN, serta mendalami kepatuhan etika dan disiplin," kata Suahasil Nazara.

Sementara terkait unggahan video yang terkesan berlebihan atau pamer di media sosial, Suahasil Nazara mengatakan Eko Darmanto sudah mengakui kesalahannya dan berjanji akan memperbaiki.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut