get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara DLHK Kota Depok Memerangi Peredaran Sampah Plastik!!!

Berkolaborasi dengan Le Minerale, Bluebird Targetkan Pengurangan 1,7 Ton Sampah Plastik Per Tahun

Selasa, 21 Februari 2023 | 20:13 WIB
header img
Ki-ka: Adrianto Djokosoetono, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk dan CM Sampouw, Direktur Operasional Mayora. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Data Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022, mencatat volume sampah di Indonesia mencapai 70 juta ton. Naik 20% lebih dari tahun 2021 yang mencapai 68,5 juta ton.

Dikutip dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sedunia pada tahun 2019 dengan 3,21 juta metrik ton/tahun, sedangkan di urutan pertama China dengan 8,81 juta metrik ton/tahun.

Seperti diketahui, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan hingga ribuan tahun untuk bisa terurai. Tentu dibutuhkan berbagai upaya dari berbagai pihak untuk bisa menanggulangi masalah sampah plastik ini.

Bentuk kepedulian datang dari PT Blue Bird Tbk dan Le Minerale. Dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, mereka berkolaborasi dengan menargetkan mengurangi sampah plastik sebesar 1,7 ton per tahun melalui inisiatif pengurangan sampah plastik di wilayah kerja Bluebird. 

Program ini dilaksanakan melalui pemberian 4.500 botol minum (tumbler) bagi pengemudi Bluebird dari tujuh (7) pool percontohan di wilayah Jadetabek, serta penyediaan fasilitas galon air mineral di pool-pool tersebut. 

Program kolaborasi ini merupakan wujud nyata kedua belah pihak dalam mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan berkelanjutan demi mencegah sampah plastik yang tidak terkelola di Indonesia.

"Kami sadar betul akan peran dari puluhan ribu karyawan dan pengemudi sebagai agen perubahan di masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup. Melalui kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki visi sama, Bluebird sejak tahun 2014, telah mulai berupaya menurunkan produksi sampah plastik di wilayah Bali. Bluebird Bali telah melakukan program substitusi dan pengelolaan sampah dalam wilayah operasional kami melalui pengurangan pemakaian 1,6 juta botol plastik per tahunnya,” ungkap Adrianto Djokosoetono, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk di Kantor Pusat Bluebird, Jl. Mampang Prapatan Raya No.60, Jakarta Selatan, Selasa 21 Februari 2023.

"Kerjasama ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang merupakan inisiatif keberlanjutan perusahaan dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan kemasan yang lebih besar sesuai dengan Peraturan Menteri KLHK No.75 Tahun 2019 mengenai size up, yang bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah,” dukung CM Sampouw, Direktur Operasional Mayora. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut