get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa S1 Bisa Dapat Dana Riset dari Indofood, Simak Caranya!

Tempat Legendaris di UI yang Menyimpan Banyak Cerita

Senin, 20 Desember 2021 | 08:56 WIB
header img
Danau kampus UI. Foto: Sindonews

DEPOK, iNews.id - Banyak tempat legendaris di UI Depok yang menyimpan banyak cerita para mahasiswa UI. Salah satunya Kantin di Fakultas Teknik UI yang dikenal dengan sebutan Kantek UI. Kantek dikenal dengan ragam menu yang porsinya besar baik untuk mahasiswa laki-laki maupun perempuan. Banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas, bermain game, dan menunggu kelas di Kantek.

Berikutnya Kansas UI yang merupakan akronim dari Kantin Sastra. Kansas adalah kantin yang terletak di Fakultas Ilmu Budaya atau FIB UI. Kantin ini dikenal dengan atapnya yang berbentuk kerucut. Kansas sudah berganti nama jadi Kanbud atau Kantin Budaya, meskipun masih sering disebut Kansas.

Kansas selalu ramai oleh mahasiswa meskipun ada beberapa kantin lainnya di FIB, seperti Kanhum (Kantin Humaniora), Kape, dan sejumlah tempat makan di area fakultas. Terkadang, mahasiswa sampai menginap di kantin.

Saat pandemi, mahasiswa menginisiasi gerakan Kansas Buka lagi untuk membantu pemasukan pedagang kantin. Gerakan ini berbentuk fasilitas pesan makanan online di Kansas, mulai dari penyetan ayam Mas Roni hingga ketoprak Kopral.

Selain itu ada Takor, singkatan dari Taman Korea, kantin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP UI yang dibangun pada 2002. Kantin ini disebut Takor karena pendiriannya didanai oleh orang Korea, Dr. Yong Ma. Kantin ini punya jadwal acara musik yang diisi penampilan band mahasiswa. Di seberang Takor, kini ada Takoru atau Taman Korea Baru.

Sebelum Takor dan Takoru berdiri, kantin FISIP bernama Balsem, singkatan dari Balik Semak. Kantin Balsem UI adalah warung legendaris yang menjadi pendahulu kantin-kantin lain di UI.

Di Fakultas Psikologi UI juga terdapat Kancil, singkatan dari Kantin Cikologi (Psikologi) yang juga kerap dikunjungi mahasiswa Fakultas Hukum dan FISIP. Kini, Kancil berubah nama jadi Kantin Psikologi UI.

Tak ketinggalan ada Dallas yang merupakan kantin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Dallas singkatan dari Dalam Lindungan Allah SWT. Sebagai informasi, mahasiswa FMIPA UI dikenal dengan stereotipe religius karena banyak yang menjadi anggota rohis.

Tempat lain yang legendaris di UI adalah Masjid UI atau MUI yang berdiri pada 28 Januari 1987.

UI juga memiliki enam danau di area kampus. Salah satu yang terkenal adalah Danau Kenanga UI yang terletak tepat di sebelah Balairung UI, tempat berbagai seremoni penerimaan mahasiswa dan wisuda dilaksanakan.

Tak hanya danau, ada Jembatan Teknik-Sastra (Teksas) yang menghubungkan area Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Fakultas Teknik UI.

Jembatan ini dikenal dengan sejumlah cerita romantis dan cerita mistis. Sebab, di samping kabar sejumlah penampakan di jembatan ini, jembatan ini juga jadi penghubung mahasiswa kedua fakultas yang berpacaran.

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut