get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Level Siaga, Aktivitas Pendakian Ditutup

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Km ke Arah Barat Daya

Sabtu, 18 Desember 2021 | 21:27 WIB
header img
Gunung Merapi pada Sabtu (18/12/2021) meluncurkan awan pana. Foto: BPPTKG Yogyakarta

YOGYAKARTA, iNews.id - Gunung Merapi meluncurkan awan panas sejauh 2 km mengarah ke barat daya, pada Sabtu (18/12/2021). Awan panas meluncur deras dari kawah yang berlangsung selama 135 detik dengan tinggi kolom mencapai 400 meter.

Luncuran awan panas tersebut terekam CCTV di Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

Muntahan awan panas dari puncak Gunung Merapi terpantau terjadi pada pukul 16.43 WIB. Terjadi pula guguran sebanyak 25 kali, hybrid atau multiphase sebanyak satu kali, serta gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 17 mm dan durasi 45 detik.

Meski ada peningkatan aktivitas vulkanik berupa luncuran awan panas, dan kegempaan, tetapi hingga saat ini BPPTKG Yogyakarta, masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level 3 atau siaga.

Untuk itu, warga diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sekitar lereng Gunung Merapi pada radius 5 km dari puncak. Selain juga mewaspadai potensi ancaman guguran awan panas maupun lava pijar yang diprediksi masih akan terus terjadi.

Selain itu, warga juga diminta mewaspadai potensi banjir lahar dingin di hulu sungai yang terjadi saat hujan deras tepat di atas puncak Gunung Merapi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut