get app
inews
Aa Read Next : Akun Tiktok Raymond Chins Banjir Viewers karena Bongkar Rahasia Bisnis Mixue

Inilah Sosok di Balik Kesuksesan Mixue, Miliki 30 Ribu Gerai di 11 Negara Asia

Rabu, 11 Januari 2023 | 10:37 WIB
header img
Salah satu gerai Mixue di Indonesia. Foto: Instagram @mixueindonesia

DEPOK, iNewsDepok.id - Siapa yang tak mengenal brand es krim Mixue yang belakangan sedang hits di Tanah Air dan bahkan saat ini gerainya ada di mana-mana.

Mengutip thelowdown.momentum.asia, hingga Januari 2023 terdapat 30.000 gerai Mixue telah beroperasi di lebih 11 negara Asia dan sebagian besar gerainya beroperasi di wilayah Tiongkok.

Mixue hadir di Indonesia sejak tahun 2020 dengan gerai pertamanya di Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat. Saat ini sudah ada ratusan gerai Mixue di Indonesia yang tersebar di seluruh daerah.

Berdasarkan data Pandaily, jumlah gerai Mixue di Indonesia pada akhir Maret 2022 mencapai 317 toko. Dengan jumlah gerai tersebut, Mixue dilaporkan meraih pendapatan operasional mencapai CNY25.410.800 atau Rp57,2 miliar dengan laba bersih mencapai CNY2.235.500 atau sekitar Rp5,04 miliar.

Tapi tahukah siapa orang di balik brand popular Mixue? Mixue berdiri pada tahun 1997 oleh pengusaha asal China, Zhang Hongchao. Mengutip kanal YouTube Holla Juga, Zhang Hongchao memulai bisnis dengan modal awal 4000 yuan atau setara dengan Rp7 juta.

Dalam memulai bisnisnya, Hongchao saat itu hanya mengandalkan peralatan sederhana, seperti mesin serut es, pemotong es dan sepeda bututnya. Saat itu ia hanya menjual tiga jenis produk, yakni es krim, es serut dan smoothie.

Seiring waktu, es krim milik Hongchao sangat digemari semua kalangan masyarakat. Namun bisnis tidak selalu berjalan dengan mulus, Zhang Hongchao pernah mengalami kebangkrutan dan terpaksa usahanya ditutup.  

Namun, Zhang Hongchao tidak menyerah begitu saja. Setahun setelah bangkrut Hongchao kembali bangkit dan mendirikan kembali usahanya. Berkat kerja kerasnya ia memperoleh keuntungan hingga 100 yuan atau setara Rp175 ribu dalam sehari.

Menyadari ada keuntungan yang cukup banyak, Hongchao mulai menawarkan produknya kepada para pemodal. Pada tahun 2007, Hongchao mulai menawarkan bisnisnya kepada para pemodal yang ada di Provinsi Henan.

Setahun kemudian, pada tahun 2008 ia telah memiliki 180 cabang. Sepuluh tahun kemudian, pada 2018 usahanya mulai melebar keluar negeri yakni Vietnam dengan nama Mixue. Sementara di negaranya, produknya dikenal dengan nama Bingchen.

Mixue hadir di Indonesia pada 2020. Untuk memperluas pasarnya di Indonesia, sejak tahun 2021 brand milik Hongchao sudah mengupayakan proses sertifikasi halal agar konsumen tidak khawatir dalam membeli produk ini.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut