get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Potensial Kedatangan 5 Pemain Baru dari Eropa di Sela Kualifikasi Piala Dunia 2026

Anak Asuh Timnas Indonesia Dicap Egois, Shin Tae-yong Buka Suara

Kamis, 05 Januari 2023 | 00:30 WIB
header img
Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Shin Tae-yong angkat bicara mengenai pemain Timnas Indonesia yang dianggap terlalu egois. Pelatih asal Korea Selatan itu pun akan perbaiki masalah tersebut.

Seperti diketahui, finishing buruk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendapat banyak kritikan dari pecinta sepak bola Tanah Air. Bagaimana tidak, Egy Maulana Vikri dan rekan sering sekali membuang peluang emas yang mestinya bisa menjadi gol bagi Tim Garuda.

Para pemain Timnas Indonesia juga sering bertindak egois saat meyerang pertahan lawan. Momen tersebut paling sering terjadi saat laga terakhir Grup A melawan Filipina dengan kemenangan tipis 2-1.


Pada laga tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong mendapat banyak sekali peluang yang bisa berujung menjadi gol. Contohnya seperti momen dua pemain Timnas, Ricky Kambuaya dan Ilija Spasojevic yang berhadapan dengan satu bek Filipina. 

Rizky Kambuaya yang sedang membawa bola bukannya mengoper ke Ilija Spasojevic yang berada di ruang terbuka. Ricky justru berusaha menggocek dan akhirnya bola berhasil di rebut tim lawan.

Padahal, saat itu Tim Garuda membutuhkan banyak gol agar bisa jadi juara Grup A. Tindakan yang dilakukan pemain Timnas itu pun memancing emosi warganet Tanah Air.

Mereka menganggap pemain Timnas Indonesia terlalu egois dan lebih menunjukkan kemampuan individu daripada kerjasama tim. Bahkan, kata 'egois' sempat menjadi topik teratas di Twitter usai laga tersebut berakhir.

Shin Tae Yong ternyata sadar bahwa anak asuhnya terlalu egois. Ia pun menyayangkan hal tersebut dan akan segera diperbaiki.

“Jadi itu (pemain terlalu egois) memang hal yang sangat disayangkan dan mesti diperbaiki. Saya hanya bisa katakan bahwa kita harus perbaiki itu,” kata Shin Tae-yong kepada awak media, termasuk iNews.id, saat ditemui di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (4/1/2023)

Sikap egois itu pun jelas tak boleh terulang lagi saat laga semifinal melawan Vietnam. Skuad Garuda harus tampil seefektif mungkin memanfaatkan kerjasama tim ketika mendapat peluang yang bisa menghasilkan gol.

Laga semifinal Timnas Indonesia kontra Vietnam akan bergulir secara dua leg. Tim Garuda akan menjadi tuan rumah pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB. Sedangkan leg kedua akan berlangsung di My Dinh Stadium, Senin (9/1/2023).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut