Logo Network
Network

Honda Wave Alpha Meluncur di Malaysia

muhamad wildan fimansyah
.
Rabu, 04 Januari 2023 | 21:12 WIB
Honda Wave Alpha Meluncur di Malaysia
Tampak samping honda wave alpha, sumber istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kembaran Honda Revo mendapat penyegaran di Malaysia. Motor bebek bernama Wave Alpha ini menanggalkan karburator dan mengadopsi teknologi injeksi Euro 4. Tak sebatas sistem pengabutan, Wave Alpha kini memiliki kapasitas penyimpanan dan tangki bensin lebih besar.

Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Malaysia, Boon Siew Honda merilis Wave Alpha terbaru, Selasa, (3/1/2023). Sama seperti Honda Revo, motor ini yang sudah diperkenalkan sejak 2015 di Malaysia itu dikenal irit dan cocok untuk mobilitas sehari-hari.

Dikutip dari Boon Siew Honda, Honda Wave Alpha masih mengusung desain layaknya bebek entry level, yakni desain sayap dan bodi yang ramping. Wave Alpha juga masih mengusung lampu sein yang menyatu dengan cover depan, serta head lamp di area batok motor.

Perubahan paling signifikan dari Wave Alpha ialah sistem pengabutan Fuel Injection. Sebelumnya Wave Alpha masih menggunakan karburator. Istimewanya konsumsi BBM motor bebek ini makin irit, berdasarkan pengetesan WMTC (World Motorcycle Test Cycle) satu liter BBM bisa menempuh jarak 70,9 kilometer. Konsumsi BBM ini lebih baik 12,3 km/liter dari versi sebelumnya.

Kapasitas tangki bensin Wave Alpha juga meningkat, sekarang motor 110 cc ini bisa menampung bahan bakar 4,1 liter. Menariknya penyimpanan di bawah jok sekarang menjadi 7,3 liter atau dua kali lebih besar dari model Wave Alpha sebelumnya.

Untuk pengereman, Wave Alpha mendapatkan cakram hidrolik tunggal pada roda depan, dan tromol bagian belakang. Kaki-kaki Wave Alpha hanya tersedia dalam pilihan pelek casting wheel dengan ring 17 inch yang dibalut karet berukuran 70/90 (depan) dan 80/90 mm (belakang).

Soal kapasitas mesinnya, Wave Alpha mirip-mirip dengan Honda Revo di Indonesia. Motor ini menggunakan jantung pacu satu silinder SOHC 4-tak dua katup 109,2 cc dengan kompresi 9,3:1. Di atas kertas bisa memuntahkan tenaga 6,5 kW di 7.500 rpm dan torsi 8,7 kW di 5.500 rpm.

Harga dari Wave Alpha terbaru ini dibanderol RM 5.179 (belum termasuk pajak) atau sekitar Rp 11.723.430 (RM 1 = Rp 2.263). Jika dibandingkan dengan Honda Revo di Indonesia, saat ini motor bebek itu dijual PT Astra Honda Motor menjual Revo Fit Rp 15.644.000 dan Revo X Rp 17.359.000.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.