get app
inews
Aa Text
Read Next : Shopee, Tasya, dan Bittersweet Berbagi Cerita dan Dampak Positif Inovasi dalam Dukung Produk Lokal

Berawal dari Hobi, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Jadi Pelopor Dessert Box, Produksi 3.000 per Hari

Selasa, 27 Desember 2022 | 15:01 WIB
header img
Najla Farid Bisyir, Founder dan Owner Bittersweet by Najla, pelopor dessert box di Indonesia. Foto: Instagram @alabisyir

DEPOK, iNewsDepok.id - Berawal dari hobi memasak, terutama membuat kue, Najla Farid Bisyir sukses membangun usaha Bittersweet by Najla yang terkenal. Perempuan yang awalnya ibu rumah tangga ini jadi pelopor bisnis dessert box nomor satu di Indonesia.

Ala, demikian sapaan akrab Najla Farid, membuktikan bahwa ibu rumah tangga juga bisa berhasil dalam bisnis jika menekuninya dengan sungguh-sungguh. Dalam merintis usaha kuenya, Ala juga telah melalui berbagai tantangan.

Sebelum membuka usaha, Ala yang memang hobi membuat kue mulai mencoba-coba kue sendiri. Bermodal 1 mixer dan oven, pada tahun 2015 Ala memulainya dengan membuat Cinnamon Roll untuk kerabat dan tetangga.

Saat itu Ala menjual kue menggunakan sistem preorder atau hanya memproduksi sesuai pesanan. Ternyata, pesanan Ala saat itu mendapat respons positif dan ia bisa menjual sekitar 23 loyang sehari.

Setelah lima bulan berbisnis, Ala memutuskan untuk berhenti sementara. Ia ingin belajar lebh banyak untuk menjadi lebih profesional di bisnis yang ditekuninya. Ia pun belajar ke sejumlah kota hingga luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

"Setelah jualan 5 bulan, aku stop beberapa bulan untuk belajar profesional karena melihat peluang. Belajar bikin cake, tentang keuangannya dan lain-lain di dalam negeri dan luar negeri," ucap Ala, seperti dikutip dari YouTube Entrepreneurs Indonesia, pada Selasa (27/12/2022).

Setelah belajar, Ala kembali membuka bisnis kue karena melihat potensi yang bagus. Pada tahun 2017, Ala menciptakan konsep dessert box sebagai wadah penjualan produk. Saat itu, Ala menjual produk melalui toko online, belum memiliki outlet.

Konsep kue di dalam box atau dessert box membuat usaha Bittersweet by Najla menjadi viral dan dikenal masyarakat. Awalnya ia hanya posting di Instagram, konten yang dibuat berhasil menarik ribuan hingga jutaan orang untuk mengikuti Instagram Bittersweet by Najla. 

Pada akhir tahun 2019, Ala membuka outlet pertamanya khusus untuk pembelian aplikasi online. Proses produksi yang sebelumnya dikerjakan di rumah, dipindahkan ke outlet tersebut. 

Selanjutnya pada akhir tahun itu, Bittersweet by Najla kembali membuka outlet kedua di Kalibata Timur, Jakarta. Outlet ini menjual berbagai produk seperti Dessert box Regal, Dessert box Toblerone, Milk bath, Dessert box Turkish, Dessert box Red Velvet dan berbagai rasa lainnya.

Bisnisnya terus berjalan meski pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada tahun 2020. Bittersweet berhasil melewati tahun yang berat saat itu. Menurutnya, penjualan melalui platform online mendongkrak pendapatan hingga lebih dari 50 persen dari toko offline.

Dari sana membuat bisnis usahanya terus berkembang hingga saat ini yang mempunyai 6 outlet di Kalibata, Kemang, Rawamangun, Sunter, Depok, dan Bali.. Saat ini, Bittersweet by Najla bisa memproduksi 3.000 dessert box setiap harinya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut