get app
inews
Aa Read Next : Abadikan Momen Perayaan Akhir Tahun di Hotel Mewah di Jakarta

Wisata Rohani Gunung Kidul, Gua Maria Tritis Cocok Dikunjungi Saat Momen Natal

Jum'at, 23 Desember 2022 | 22:04 WIB
header img
Gua Maria Tritis di Gunung Kidul Yogyakarta cocok dikunjungi saat momen Natal. Foto: Instagram

YOGYAKARTA, iNewsDepok.id - Pada momen Natal rasanya tepat mengunjungi wisata rohani. Salah satunya wisata rohani yang terletak di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Gua Maria Tritis.

Wisata rohani ini terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Jalan Sapo Sari. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Gua Maria Tritis terletak di antara perbukitan karst Gunung Kidul, sehingga sangat eksotif dan menarik buat dikunjungi. Stalaktit yang menggantung di langit-langit gua sangat keren dan sering menetes air. 

Oleh karena itu gua ini dinamakan Tritis yang berasal dari bahasa Jawa Trumatitis yang artinya menetes.

Gua Maria Tritis kerap dijadikan tempat ziarah oleh umat Katolik, karena di sini terdapat patung Bunda Maria berukuran besar. Bagi warga Kristiani berada di Gua Maria terasa lebih dekat dengan Tuhan dan bisa menyatu dengan alam.

Untuk mencapai patung tersebut, pengunjung harus melewati ladang jati, menaiki serta menuruni jalan yang berkelok diantara perbukitan nan tandus. Peziarah juga akan diberikan dua pilihan jalan, yaitu yang berjarak 1,5 kilometer atau 500 meter.

Di tengah gua terdapat altar bangunan kudus. Untuk tempat duduk umat yang berziarah berupa hamparan kursi panjang. Keberadaan patung Bunda Maria membuat umat Katolik bisa berdoa dengan khusyuk di gua ini.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut