Unik! Para Simpanse Jual Lukisan dalam Pameran, Ada yang Laku Rp77,7 Juta

Anton S
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 06:46 WIB
Dalam pameran lukisan di Florida para simpanse memamerkan hasil lukisannya, banyak yang terjual Rp77,7 juta. Foto: @rt by chimps

MIAMI, iNewsDepok.id - Pameran lukisan @rt by Chimps Art Basel di Florida, Amerika Serikat ini terbilang unik dan baru pertama kali terjadi. Pasalnya, dalam pameran tersebut lukisan yang dipamerkan adalah karya para simpanse.

Para simpanse menjadi seniman yang membuat torehan lukisan di kanvas, layaknya pelukis profesional. Ada sekitar 15 lukisan hasil karya abstrak simpanse yang dipamerkan.

Hebatnya, dalam pameran tersebut banyak lukisan yang terjual sekitar US$5.000 atau setara dengan Rp77,7 juta per karya. Wow!

Para simpanse tersebut tinggal di penangkaran Save the Chimps, Fort Pierce, Florida. Di lahan seluas setengah kilometer persegi ini ditinggali sekitar 200 kera. Mereka umumnya diselamatkan dari cengkeraman Hollywood dan laboratorium sains.

“Simpanse berbagi 98 persen DNA dengan kita. Mereka mirip dengan manusia secara emosional, fisik, bahkan kreativitas,” kata CEO Save the Chimps, Ana Paula Tavares, seperti dikutip dari laman The New York The Post. 

Tavares mengatakan setiap simpanse bebas menggerakkan kuas di tangan mereka, menggoreskan cat akrilik di kanvas. Media kanvas yang digunakan tak hanya berwarna putih, melainkan hitam dan emas. 

“Program melukis di Save the Chimps merupakan salah satu dari banyak pengayaan sosial yang kami tawarkan, dan kera yang ambil bagian menganggapnya sebagai terapeutik,” kata ketua penyelenggara, Dan Mathews. 

Para simpanse itu sudah mulai melukis sejak September atau tepatnya menghabiskan waktu 7 pekan sebelum pameran. Dari ratusan ekor simpanse yang dipelihara di penangkaran, kata Mathews hanya belasan yang memiliki bakat seni secara teratur.

Ada pula di antara para simpanse tersebut yang melukis tanpa mau diatur seperti melakukannya secara berantakan, mengubah-ubah warna serta mencoret dinding dan meja.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini