Logo Network
Network

Ini Alasan Mengapa Kita Perlu Memakai Nitrogen Untuk Ban

muhammad wildan firmasyah
.
Minggu, 20 November 2022 | 08:33 WIB
Ini Alasan Mengapa Kita Perlu Memakai Nitrogen Untuk Ban
Pengisian ban kendaraan. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Mengisi udara pada ban memang bisa dilakukan di mana saja asal ada alatnya, yaitu kompresor udara. Tapi, banyak juga pengusaha yang menyediakan nitrogen sebagai pilihan pengisian udara pada ban.

Pasalnya, ban yang diisi dengan nitrogen dipercaya lebih nyaman dan stabil saat kendaraan digunakan. Bahkan ada yang mengatakan isi udara pada ban menggunakan gas nitrogen bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Namun, apakah benar seperti itu keunggulan nitrogen daripada udara biasa saat digunakan untuk mengisi udara pada ban?

ban yang diisi dengan nitrogen punya beberapa manfaat termasuk membuat laju kendaraan menjadi semakin halus.

“Ban yang diisi udara biasa, itu sebenarnya terisi dengan berbagai unsur gas, sedangkan jika diisi nitrogen itu memastikan hanya nitrogen saja unsur gas yang masuk, sehingga lebih homogen. Nitrogen sendiri merupakan gas dingin yang tahan panas jadi tidak berubah-ubah menjadi uap air dan tidak memuai terlalu banyak, jadi laju kendaraan lebih stabil.

Selain sifatnya yang stabil, gas nitrogen juga mudah didapatkan sebab lebih dari 70 persen gas yang ada di atmosfer bumi adalah nitrogen. Sehingga, yang diperlukan alat pengisian nitrogen hanyalah menyaring udara agar nitrogen saja yang terserap di dalam alat tersebut. Berbeda dengan gas lainnya, bisa habis dan perlu melakukan isi ulang.

Selain itu, nitrogen merupakan gas yang memiliki ukuran partikel besar, sehingga membuat angin ban lebih awet karena tidak mudah bocor lewat pori-pori ban atau celah ban dan velg.

Jika memang seperti itu kelebihan gas nitrogen untuk angin ban, tidak ada salahnya mengisi angin ban dengan nitrogen.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.