get app
inews
Aa Read Next : Ketua BEM UI Non Aktif, Melki Sedek Terbukti Lakukan Kekerasan Seksual : Diskorsing Satu Smester

Ingin Berkarier di Bidang Pangan? 6 Kampus Ini Memiliki Jurusan Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia

Rabu, 16 November 2022 | 07:10 WIB
header img
IPB University, salah satu kampus yang memiliki jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia, bahkan menjadi pelopor adanya jurusan Ilmu Gizi. Foto: Sindonews

DEPOK, iNewsDepok.id - Jurusan Ilmu Gizi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati, karena prospek kerjanya juga bagus.

Lulusan Ilmu Gizi bisa berkarier sebagai konsultan gizi di bidang industri pangan, supervisor pelayanan gizi, wirausaha di bidang pangan, hingga bekerja di lembaga pemerintahan pada bidang kesehatan seperti di rumah sakit atau pertanian.

Jurusan Ilmu Gizi mempelajari tentang pemahaman nutrisi dan asupan yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia, pembelajaran gaya hidup dan diet yang membutuhkan pola makan sehat.

Terdapat 6 kampus yang memiliki Jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia berikut ini, seperti dirangkum pada Rabu (16/11/2022):

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Di Instutut Pertanian Bogor (IPB), jurusan Ilmu Gizi termasuk dalam Departemen Gizi Masyarakat (GM), Fakultas Ekologi Manusia (Fema). Jurusan ini menjadi pelopor pendidikan tertinggi di bidang gizi di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1963.

Terdapat tiga program Ilmu Gizi, yaitu program sarjana, magister, dan doktor, yang ketiganya telah terakreditasi A. Lulusan dari jurusan Ilmu Gizi diharapkan dapat memenuhi menjai ahli gizi yang berkualitas dan dapat memecahkan masalah terkait gizi dan kesehatan.

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok

Di Universitas Indonesia (UI), jurusan Ilmu Gizi termasuk bagian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga sarjana gizi yang mampu mengelola program gizi dan kesehatan di bidang institusi maupun di masyarakat.

Jurusan ini tersedia untuk program pendidikan sarjana dengan kuota masuk 50% dari jalur SNMPTN serta 50% dari jalur SBMPTN dan SIMAK-UI.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Di UGM, jurusan Ilmu Gizi terdapat pada Program Studi Gizi Kesehatan (PSGK),  Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK).

Program ini merupakan program sarjana studi gizi kesehatan pertama di Indonesia yang didirikan pada 2003. Lulusan dari PSGK juga dapat melanjutkan ke Program Pendidikan Profesi Dietisien (Program Profesi Gizi).

  1. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya

Di Unair, jurusan Ilmu Gizi berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Jurusan ini tersedia untuk program sarjana yang sudah terakreditasi A.

Program sarjana ini ditempuh selama 8 semester dengan 146 SKS. Setelah menyelesaikan studi, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Gizi (S.Gz).

  1. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Di Undip, jurusan Ilmu Gizi berada di Fakultas Kedokteran (FK). Jurusan ini telah berdiri sejak tahun 2002 yang tersedia untuk program sarjana dan magister. Jurusan ini telah mempertahankan akreditasi A sejak tahun 2016.

Mahasiswa dari jurusan ini rata-rata menyelesaikan studinya selama empat hingga tiga tahun dan rata-rata lama masa tunggu mendapat pekerjaan pertama kali yaitu 3,5 bulan.

  1. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto

Di Unsoed, jurusan Ilmu Gizi tergabung dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK). Jurusan ini dimulai di tahun ajaran 2011-2012.

Jurusan Ilmu Gizi Unsoed telah terakreditasi A. Visi dari jurusan ini adalah menjadi jurusan yang unggul dalam IPTEKS di bidang ilmu gizi dan kesehatan yang relevan dengan pengembangan sumber daya.

Itulah pembahasan mengenai 6 kampus yang memiliki jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut