get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Diabetes Melitus Juga Dialami Generasi Muda, Kenali Faktor Risiko dan Penyebabnya

Penderita Diabetes Berhati-hati! Tanpa Disadari 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Gula Darah Naik

Sabtu, 12 November 2022 | 08:00 WIB
header img
Salah satu kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum bisa menyebabkan kadar gula darah naik. Foto ilustrasi: Freepik/Racool_studio

DEPOK, iNewsDepok.id - Seringkali tanpa disadari ada 7 kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik. Kebiasaan sehari-hari itu seringkali dilakukan banyak orang, termasuk oleh para penderita diabetes melitus.

Diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling memprihatinkan yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari. Tanpa perawatan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan mengancam jiwa.

Mengutip Kemkes, diabetes melitus adalah suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Adapun penyebab diabetes adalah makanan, minuman, kebiasaan apa yang menyebabkan kadar gula darah melonjak. Terkadang, gula darah dapat naik karena aktivitas sehari-hari.

Berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang bikin gula darah naik, seperti dilansir dari Times of India, pada Sabtu (12/11/2022):  

  1. Melewatkan Sarapan

Jangan pernah abaikan sarapan. Sarapan memang makanan terpenting. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkapkan beraktivitas tanpa makan pagi dapat meningkatkan gula darah setelah makan siang dan makan malam.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat perubahan pada diet harian.  

2. Minum Kopi

Kopi adalah salah satu minuman pagi paling favorit bagi banyak orang. Namun, CDC mengatakan terlalu banyak konsumsi kopi tidak menyehatkan, bahkan tanpa pemanis. Pasalnya, gula darah beberapa orang ekstra sensitif terhadap kafein sehingga harus dihindari oleh mereka yang berisiko tinggi mengalami peningkatan gula darah.

  1. Kurang Minum

Kurangnya air dalam tubuh juga dapat menyebabkan gula darah tinggi. Dehidrasi dapat menyebabkan hiperglikemia. CDC mengungkapkan lebih sedikit air dalam tubuh berarti gula darah lebih terkonsentrasi.

Selain itu, keadaan bisa menjadi lebih buruk karena gula darah tinggi menyebabkan sering buang air kecil, yang menyebabkan dehidrasi lebih parah.

  1. Konsumsi Pemanis Buatan

Meski ada yang mengatakan pemanis buatan dikatakan lebih baik daripada gula rafinasi, tapi bukan pilihan yang terbaik untuk penderita diabetes. CDC mengungkap  beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat meningkatkan gula darah.

  1. Kurang Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk tubuh dan pikiran yang sehat. Berdasarkan CDC, kurang tidur bahkan hanya untuk satu malam dapat membuat tubuh menggunakan insulin secara tidak efektif.

  1. Terbakar Sinar Matahari

Berjemur terlalu banyak di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Ini mungkin terdengar aneh. Sengatan matahari dapat menyebabkan rasa sakit yang selanjutnya dapat menyebabkan stres, yang meningkatkan kadar gula darah.

  1. Fenomena Fajar

Fenomena fajar digunakan untuk merujuk pada peningkatan gula darah dini hari yang abnormal, biasanya antara pukul 02.00 dan 08.00 pada penderita diabetes secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk mereka yang tidak menderita diabetes.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut