get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Rusia Gencar Serang Fasilitas Kesehatan di Ukraina, Ini Jumlahnya Menurut WHO

Rabu, 02 November 2022 | 08:47 WIB
header img
Sebagian besar serangan terhadap fasilitas kesehatan di Ukraina disebabkan oleh penggunaan senjata berat, seperti seperti senjata api, tank, rudal, bom, dan mortir. Foto: Ils

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sistem pengawasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk serangan terhadap perawatan kesehatan (SSA) mencatat bahwa telah terjadi 623 serangan terhadap perawatan kesehatan, termasuk rumah sakit dan fasilitas lainnya, di Ukraina dari Februari hingga Oktober 2022.

Berdasarkan data yang diperoleh dari portal Statista, jumlah serangan fasilitas kesehatan tertinggi tercatat pada Maret 2022 dengan total 342. Pantauan terakhir oleh SSA menunjukkan bahwa Oktober 2022 merupakan bulan dengan jumlah serangan paling sedikit, yakni 4 serangan.


WHO mencatat total serangan terhadap fasilitas kesehatan di Ukraina mulai Februari hingga akhir Oktober. Foto: SSA

Sementara melalui pantauan tim iNews Depok terhadap situs SSA milik WHO, hingga Rabu (2/11/2022) terjadi pertambahan 8 serangan terhadap perawatan kesehatan di Ukraina sehingga total mencapai 631. WHO melaporkan setidaknya 100 kematian dan 129 orang terluka.

Sebagian besar serangan disebabkan oleh penggunaan senjata berat, seperti seperti senjata api, tank, rudal, bom, dan mortir. Grafik yang ada menunjukkan bahwa terdapat 522 serangan menggunakan senjata berat.

Jenis serangan lainnya tergolong dalam kategori penghapusan aset (75), penggunaan senjata individu (52), militerisasi (47), perusakan (35), kekerasan psikologis (25), dan penghapusan personel (16). Selain itu, terjadi 2 serangan lain yang belum diketahui jenis maupun penyebabnya.


Sistem pengawasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk serangan terhadap perawatan kesehatan (SSA) mengkategorikan serangan terhadap fasilitas kesehatan di Ukraina menjadi 7 tipe. Foto: SSA

Data oleh SSA juga menunjukkan bahwa serangan-serangan terhadap perawatan kesehatan di Ukraina berdampak pada fasilitas (549), pasien (24), transportasi (82), suplai medis (158), personel kesehatan (61), dan gudang (13).

Operasi Militer Khusus Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022. Selama beberapa tahun terakhir dari 2014, pertempuran terjadi di Ukraina timur antara wilayah separatis Donetsk dan Luhansk yang didukung Rusia dan pemerintah Ukraina.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut