get app
inews
Aa
Read Next : Begini Detail Permintaan FIFA untuk Perbaikan JIS

FIFA Diminta Coret Iran di Piala Dunia 2022, Ganti dengan Italia

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 05:44 WIB
header img
Timnas Italia Dinilai PBB layak menggantikan Iran di Piala Dunia 2022. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meminta agar FIFA mencoret Iran dari Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar nanti. Paolo Zampolli dariPBB menilai Iran telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).   

Hal itu terjadi karena banyaknya korban berjatuhan pada unjuk rasa menentang regulasi negara terhadap perempuan di negara itu. Terdapat sekitar 215 orang, termasuk 27 anak-anak yang menjadi korban jiwa pada unjuk rasa tersebut. 

Zampolli mengirimkan surat pada Gianni Infantino, Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) atas kejadian itu. Pada surat itu ia meminta agar Timnas Iran didiskualifikasi dari Piala Dunia atas tindakan melanggar HAM.

“Tuan Presiden yang terhormat, Caro Gianni. Sekali lagi, dunia menuntut tindakan kepemimpinan Anda segera untuk mendiskualifikasi Iran dari Piala Dunia (2022),” tulis Zampolli dalam surat tersebut, dinukil dari Football Italia, Kamis (27/10/2022).

Ia meminta agar FIFA menggantikan Iran dengan Timnas Italia di Piala Dunia 2022. Menurutnya, Gli Azzurri lebih pantas bermain pada ajang tersebut karena memiliki peringkat yang lebih tinggi.

“Pada catatan pribadi, dunia dan saya telah bermimpi, dan saya yakin, akan mendapat manfaat dari keberhasilan Piala Dunia untuk membuat Italia bermain melawan Inggris setelah Anda mendiskualifikasi Iran. Dari pemahaman saya, Italia adalah yang pertama dalam urutan peringkat FIFA,” tulis Zampolli.

“Dengan segala hormat, saya mengingatkan Anda bahwa Anda memiliki kekuatan eksekutif untuk memengaruhi apa yang ada secara signifikan dan positif. Oleh karena itu, saya yakin Anda akan membuat keputusan terbaik untuk para penggemar (sepak bola) di seluruh dunia,” lanjutnya.

Sekadar informasi, Timnas Iran berada di Grup B Piala Dunia 2022 bersama Amerika Serikat, Inggris dan Wales. Jika FIFA mengabulkan permintaan PBB, maka Italia akan berhadapan dengan tim tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut