JAKARTA, iNews.id - Curah hujan yang tinggi membuat banjir rawan terjadi di beberapa wilayah. Efeknya, banyak pengguna motor yang terjebak di perjalanan dan membuat motor kesayangan terendam banjir.
Ketimbang motor jenis lain, pemakai tipe skutik yang punya posisi mesin rendah perlu lebih waspada. Sering diabaikan, persoalan umum yang rentan terjadi jika nekat menerobos banjir pakai motor matik adalah terjadinya water hammer.
Water hammer ini adalah kondisi dimana ada air berlebih yang masuk ke ruang bakar, resikonya sangat fatal untuk mesin.
Bukan mogok biasa, jika mesin mengalami water hammer otomatis biaya perbaikannya akan lebih mahal.
Supaya enggak terjadi water hammer, berikut ini saran komponen yang wajib diperiksa.
Filter udara
Berfungsi menyaring kotoran yang terbawa udara, bila sudah terendam banjir otomatis filter udara akan menjadi rusak dan harus dilakukan penggantian.
Knalpot
Sebagai salah satu komponen utama di motor, apabila knalpot sudah kemasukan air maka kinerja pembuangan gas buang mesin akan terhambat.
CVT/ Countinously variable transmission
Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda atau terjadi slip.
Oli mesin
Jika sampai bercampur dengan air otomatis akan merusak jeroan mesin, maka wajib segera diganti baru.
Aki
Aki merupakan bagian penting di sistem kelistrikan motor, bila sudah terkena banjir dan motor sampai terendam maka ada dua kemungkinan.
Tangki Bensin
Dalam kondisi motor sampai terendam banjir secara keseluruhan, maka kondisi tangki bensin juga perlu dilakukan pengecekan.
Karena air berpeluang masuk kedalam dan bercampur dengan bensin, lebih baik tangki bensin dikuras habis supaya aman.
Nah bila sudah mengetahui informasi ini, pastikan untuk beberapa komponen yang disebutkan harus dicek atau lakukan penggantian untuk lebih aman.
Editor : Mahfud