get app
inews
Aa Read Next : Wisata Ramah Lingkungan dengan tiket Green dari tiket.com, Seperti Apa?

Kemenparekraf dan tiket.com Pilih Empat Pemenang Jagoan Pariwisata

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 16:38 WIB
header img
Empat Jagoan Pariwisata Terpilih. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Diluncurkan sejak Agustus lalu, program hasil karya sinergi tiket.com dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jagoan Pariwisata, umumkan empat pemenang pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Untuk kategori Best Homestay dimenangkan oleh Saung Eling, Desa Mulyaharja. Kategori Best Souvenir & Culinary dimenangkan Keripik Sayur, Desa Dewi Sambi. Kategori Best Tourist Attraction dimenangkan Jip Wisata Shive Pletau, Desa Dewi Sambi. Adapun kategori Best Digital & Creative  dimenangkan oleh  Milenial Kaki Langit, Desa Kaki Langit.

Tercatat total dari 46 unit bisnis wisata yang terdiri dari 112 peserta di 3 (tiga) desa JADESTA (Jaringan Desa Wisata), yaitu Desa Mulyaharja, Desa Kaki Langit, dan Desa Dewi Sambi, turut ambil bagian dalam sesi lokakarya edukatif dan pendampingan berkelanjutan untuk dapat memenangkan kompetisi mewujudkan ide konsep bisnis yang dipresentasikan di hadapan juri.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan pentingnya kolaborasi strategis guna hadirkan solusi terbaik bagi desa wisata. “Kemenparekraf mengapresiasi atas kolaborasi pentahelix untuk menginovasikan dan memberikan terobosan jajaran program yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Jagoan Pariwisata merupakan inisiatif berwujud kompetisi dan lokakarya edukatif. Kedepannya, strategi pengembangan pariwisata mengarah pada quality over quantity dan suitability - pilar pengembangan pariwisata yang akan berdampak pada ekonomi penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat lokal,” ucap Menteri Sandiaga.

Pernyataan tersebut didukung oleh Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, yang menyoroti dampak positif edukasi bagi pergerakan ekonomi pariwisata. “Kami ucapkan selamat kepada para Jagoan Pariwisata. Sebagai OTA (Online Travel Agent) pertama di Indonesia, kami melihat bahwa pengembangan keterampilan sebagai salah satu kunci pokok untuk berdaya saing dalam industri pariwisata dan dunia kreatif. Tujuan program ini pun telah tercapai, dimana edukasi berbagi pengetahuan dan pendampingan dalam pengelolaan produk wisata, sehingga penggiat dan pengusaha pariwisata di JADESTA memiliki bekal skillset yang mumpuni untuk dapat menjadi relevan atas kebutuhan pasar hingga dapat meningkatkan angka kunjungan dan transaksi ke desa wisata masing-masing. Sinergi ini perlu terus dibangun dan diperkokoh agar industri pariwisata Indonesia segera pulih setelah terdampak karena pandemi Covid-19,” ucapnya.

Konsep program Jagoan Pariwisata adalah penyediaan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan komprehensif oleh para karyawan tiket.com yang juga didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra penyelenggara program ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan demi memajukan pariwisata di desa masing-masing.

Program Jagoan Pariwisata tidak hanya mengedukasi para pebisnis di desa wisata terpilih, tetapi juga dapat memberikan pengalaman pertama kalinya untuk pelaku usaha akomodasi dan atraksi dari desa wisata untuk bergabung dalam platform tiket.com, sehingga dapat mendigitalisasikan usaha mereka dan  memanfaatkan jaringan luas tiket.com.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut