get app
inews
Aa Read Next : 5 Merek Mobil Jepang Masih di Posisi Penjualan Mobil Terbanyak di Bulan Oktober 2023

Spesialnya Yamaha RX Spesial, Kakak RX King yang Elegan

Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:29 WIB
header img
Yamaha RX Spesial. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id – RX Spesial mungkin jarang diketahui semua orang, termasuk mereka yang berminat untuk memboyong motor ikonik ini ke garasi rumah.

RX spesial sebenarnya cukup banyak. Yamaha RX pertama kali mulai mengaspal di Indonesia pada tahun 1977 lewat model Yamaha RX100.

Selanjutnya dari tahun 1981-1983, Yamaha RX Spesial mulai hadir di tengah konsumen otomotif Indonesia. Lalu pada 1983, Yamaha RX King mulai mengaspal hingga tahun 2009.

RX Spesial lebih senior ketimbang RX King karena lebih dulu mengaspal dari tahun 1981-1983. RX Spesial didatangkan dari Jepang dalam kondisi built up yang menggunakan half fairing sehingga batok lampunya terkesan klasik.

Dari sisi dapur pacu, RX Spesial menggendong mesin 2 stroke berkapasitas 115 cc yang mampu memuntahkan tenaga 15,5 hp pada 8500 rpm.

Mesin RX Spesial ini juga dilengkapi pendingin udara dan didukung tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter. Fitur menarik RX Spesial pada saat itu adalah penggunaan rem depan jenis disc brake menggunakan minyak rem.  Saat itu, rem disc brake tromol dengan minyak rem termasuk canggih.

Motor ini sangat cocok dijadikan item koleksi, karena unitnya yang mulai susah dicari dan harganya yang melambung tinggi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut