Logo Network
Network

Dosen Fisioterapi Vokasi UI Edukasi Lansia Soal Deteksi Dini Stroke dan Penyakit Degeneratif

R Ratna Purnama
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:20 WIB
Dosen Fisioterapi Vokasi UI Edukasi Lansia Soal Deteksi Dini Stroke dan Penyakit Degeneratif
Dosen fisioterapi Vokasi UI memberikan penyuluhan pada lansia. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id- Dosen fisioterapi Vokasi Universitas Indonesia (UI) memberikan penyuluhan tentang pentignya meningkatkan kualitas hidup lansia. Penyuluhan yang diberikan mengenai deteksi dini stroke dan penyakit degeneratif yang digelar di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

 

Ketua Tim Pengabdi,  Riza Pahlevi mengatakan, angka kejadian stroke di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Oleh karenanya diperlukan tindakan preventif agar angka tersebut dapat ditekan.  “Berdasarkan jumlah lansia yang berada di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu yang cukup banyak, maka

tindakan pencegahan terhadap datangnya penyakit degeneratif dan stroke penting untuk dilakukan,” katanya, Jumat (13/10/2022).

 

Dosen Fisioterapi Vokasi UI itu menuturkan, pencegahan terhadap penyakit strroke dapat dilakukan dengan cara penerapan pemeriksaan dasar fisioterapi dan terapi latihan pada lansia dan kader di lokasi. Menurutnya, pemeriksaan dasar serta deteksi dini stroke merupakan pemeriksaan yang nantinya dapat mengkategorikan pasien atau orang yang diperiksa ke dalam risiko rendah, hati-hati, atau risiko tinggi terhadap serangan stroke.

 

“Program deteksi dini stroke akan dibarengi dengan pelaksanaan program fisioterapi berupaterapi latihan yang berfokus pada penanganan penyakit degeneratif. Sehingga masyarakatlansia mampu melakukan latihan-latihan yang baik sebagai upaya pencegahan munculnyapenyakit degeneratif,” tukasnya.

 

Disana, tim memberikan edukasi untuk membantu para lansia dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan. Sehingga mereka mampu menjalani hidup lebih baik, bebas dari keluhan dan dapat berkontribusi lebih terhadap pembangunan disekitarnya.

 

“Program pengabdian masyarakat ini akan membantu para insan lansia untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit stroke dan melakukan terapi latihan sebagai upayapencegahan terhadap penyakit degeneratif lainnya,” tutupnya.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.