get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Apel, Salah Satunya Bantu Menurunkan Berat Badan

Beruntung Bila Suka Sarapan Apel, Ternyata Ada 7 Manfaat bagi Kesehatan

Senin, 10 Oktober 2022 | 06:46 WIB
header img
Konsumsi apel sehari dalam membuat seseorang menjaga kesehatan. Foto: Pixabay/PublicDomainPictures

DEPOK, iNewsDepok.id - Apel menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Termasuk bagus untuk dijadikan menu sarapan. Ada ungkapan ‘an apple a day keeps the doctor away.” Makan apel dalam sehari akan membuat seseorang sehat. Mengapa demikian?

Apel mengandung sejumlah nutrisi baik bagi kesehatan. Apel kaya akan serat, Vitamin C dan antioksidan seperti polifenol. Polifenol ini dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel akibat penuaan, lingkungan dan gaya hidup. Di samping itu apel mengandung quercetin dan pektin yang bagus untuk kesehatan.

Makan apel akan membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama, meski jumlah kalori apel rendah.

Berdasarkan studi, makan apel dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat apel bagi kesehatan, seperti dikutip dari berbagai sumber, pada Senin (10/10/2022):

  1. Baik untuk usus/pencernaan

Apel mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai probiotik. Oleh karena itu, konsumsi apel bisa membantu melancarkan kerja usus atau pencernaan.

Sebagaimana diketahui, asupan serat penting untuk membantu pencernaan. Serat larut memperlambat pencernaan, membuat seseornag kenyang dan memperlambat pencernaan glukosa.

  1. Mencegah risiko diabetes

Karena serat larut dapat memperlambat pencernaan glukosa sehingga dapat membantu seseorang mengontrol gula darah.

Sementara antioksidan flavonoid yang terkandung dalam apel bermanfaat melindungi sel dari kerusakan di pankreas. Pankreas merupakan organ yang bertanggungjawab untuk mensekresi insulin sebagai respons terhadap gula ekstra dalam darah.

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang makan 1 buah apel atau lebih sehari memiliki risiko 28 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel sama sekali.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Apel tinggi kandungan serat sehingga membantu menurunkan berat badan. Konsumsi apel sebelum makan membantu seseorang mengurangi asupan kalori hingga 15 persen. Konsumsi apel meski rendah kalori membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan berenergi.

  1. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Apel mengandung antioksidan seperti flavonoit yang berfungsi sebagai inhibitor ACE, yang dapat membantu mencegah hipertensi. Apel juga mengandung potassium yang dapat menjaga tekanan darah.

Serat larut dalam apel membantu mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

Dalam sistem pencernaan, serat larut menempel pada partikel kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan dan risiko penyakit jantung.

Di samping itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Februari 2020 menyebutkan makan 2 buah apel sehari membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Buah favorit Albert Einstein ini dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, serat dan antioksidan seperti polifenol yang terkandung pada apel seolah memiliki kekuatan magis untuk menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menyebutkan makan apel 1-2 buah sehari dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung karena apel kaya akan pektin yang menghambat penyerapan kolesterol di usus.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Apel yang mengandung Vitamin C dapat membantu seseorang meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, seperti flu, demam dan batuk.

Kandungan Vitamin C pada apel membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat penghalang epitel terhadap patogen dan menjaga tubuh dari stres oksidatif.

Demikian pula kandungan serat larut dalam apel memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Serat larut membantu mengubah sel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas.

  1. Meningkatkan kesehatan otak 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2006, apel dapat membantu meningkatkan kesehatan sekaligus memori otak. Jadi istilah satu apel sehari juga berlaku untuk memerangi penyakit otak, salah satunya demensia.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut