get app
inews
Aa Read Next : 10 Rahasia Orang Korea Tetap Langsing Meski Makan Banyak, Salah Satunya Makanan Fermentasi Ini

Inilah 5 Manfaat Tidur Cukup, Bikin Tubuh Langsing hingga Cegah Depresi

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:50 WIB
header img
Manfaat tidur cukup. Foto: Pixabay

DEPOK, iNewsDepok.id - Menjalankan pola hidup sehat tidak sekadar mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, tetapi juga harus memiliki tidur yang cukup. Mengapa demikian? Ternyata, kurang tidur bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga agar tidur cukup setiap harinya. Lantas apa saja manfaat tidur cukup bagi seseorang?

Simak penjelasan berikut ini mengenai 5 manfaat tidur cukup bagi seseorang, seperti dilansir dari Healthline, pada Sabtu (8/10/2022):

  1. Membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Kurang tidur memberikan efek pada penambahan berat badan, yang dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya hormon dan motivasi untuk berolahraga. Kurang tidur meningkatkan kadar ghrelin dan menurunkan kadar leptin.

Ghrelin adalah hormon yang membuat kita merasa lapar sedangkan leptin membuat kita merasa kenyang. Oleh karena itu, kurang tidur dapat menyebabkan seseorang merasa lebih lapar dan makan berlebihan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa individu yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

  1. Menguatkan organ hati.

Seseorang yang memiliki kualitas dan durasi tidur yang rendah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Di samping itu, tidur dalam waktu singkat atau pendek kemungkinan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, terutama pada mereka yang menderita apnea tidur obstruktif, yakni suatu kondisi yang ditandai dengan pernapasan yang terganggu saat tidur.

Berdasarkan penelitian, bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko 61% lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang tidur 7 jam.

Namun, sebaliknya bila tidur berlebihan pada orang dewasa lebih dari 9 jam juga terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Kognisi, konsentrasi, produktivitas, dan kinerja semuanya dipengaruhi secara negatif akibat kurang tidur. Pada catatan yang sama, tidur yang cukup dapat meningkatkan kinerja akademik pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Tidur yang cukup terbukti meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan kinerja memori pada anak-anak dan orang dewasa.

  1. Dapat memaksimalkan kinerja atletik.

Tidur cukup telah terbukti meningkatkan kinerja atletik. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, waktu reaksi, kekuatan otot, daya tahan otot, dan keterampilan memecahkan masalah.

Sementara kurang tidur dapat meningkatkan risiko cedera dan menurunkan motivasi untuk berolahraga.

  1. Kurang tidur berkaitan dengan depresi.

Berdasarkan laporan sebuah penelitian, seseorang yang menderita gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur obstruktif memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Oleh karena itu seseorang yang memiliki masalah dengan tidur dan melihat kesehatan mental memburuk, sebaiknya berbicara dengan profesional kesehatan yang ada.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut