get app
inews
Aa Read Next : Makin Mudah Miliki Motor Listrik, United E-Motor Buka Store Terbaru di AEON Deltamas

Hal Penting yang Wajib Dilakukan Dalam Merawat Motor Listrik

Senin, 26 September 2022 | 10:58 WIB
header img
Salah satu motor listrik produksi dalam negeri. Foto : Sindonews.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Keberadaan motor listrik mulai banyak diminati masyarakat. Karena dari segi biaya lebih hemat daripada menggunakan motor berbahan bakar bensin.

Berbagai pilihan motor listrik juga sudah banyak dijumpai, mulai dari motor listrik baru keluaran pabrikan atau motor listrik konversi karya bengkel modifikasi.

Meski motor listrik diklaim perawatannya mudah dan ringan, namun ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan agar komponen motor listrik awet.

  1. Mencabut baterai

Cabut baterai pada motor listrik jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama. Karena baterai bisa mengalami self discharge atau kondisi baterai akan tetap mengeluarkan atau membuang arus listrik yang tersimpan di dalamnya, meski baterai sedang tidak digunakan atau dalam keadaan tanpa beban.

Ketika mencabut baterai, pastikan baterai dalam keadaan penuh. Selain itu baterai yang dilepas harus dicharge selama 10 menit minimal seminggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

  1. Rutin mengganti van belt

Van belt menjadi komponen penting di motor listrik. Fungsinya menyalurkan tenaga dari mesin motor ke roda belakang sehingga motor bisa melaju. Waktu penggantian van belt disarankan setiap 3.000 kilometer.

  1. Periksa sistem pengereman

Seperti halnya motor berbahan bakar bensin, sistem pengereman wajib secara rutin dikontrol. Lakukan pengecekan kampas rem setiap 3 bulan sekali.

  1. Mencuci motor listrik

Ketika mencuci motor listrik, hindari menggunakan air bertekanan tinggi. Cukup pakai guyuran air secara berulang ulang.

Pada bagian body motor listrik terdapat celah udara, yang jika mencuci dengan air bertekanan tinggi bisa membuat air masuk ke bagian kelistrikan motor listrik. Sehingga komponen kelistrikan beresiko rusak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut