get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

Lakukan Hal ini Jika Motor Terendam Banjir

Jum'at, 09 September 2022 | 10:29 WIB
header img
Jangan hidupkan mesin ketika motor terendam banjir. Foto : sindonews.com

DEPOK, iNewsDepok.id – Curah hujan yang tinggi kerap menimbulkan banjir di beberapa kawasan, khususnya yang kondisi permukaan tanahnya rendah.

Banjir juga menimbulkan banyak kerugian dan kerusakan, mulai dari bangunan, jalanan sampai alat transportasi yang salah satunya sepeda motor.

Sebenarnya banjir bukan masalah serius, namun jika air masuk ke bagian mesin motor bisa berakibat fatal.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika sepeda motor terendam banjir.

  1. Membersihkan motor

Ketika motor terendam banjir, langkah pertama adalah membersihkan seluruh bagian motor dengan air bersih, khususnya bagian motor yang terkena endapan lumpur. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada rangka dan mesin motor.

  1. Jangan menghidupkan mesin

Setelah motor terendam banjir terutama yang sampai merendam bagian mesin, jangan menyalakan mesin terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian mesin dikarenakan air yang masuk ke dalam mesin melalui saringan udara atau knalpot.

  1. Periksa kondisi oli mesin

Salah satu cara untuk mengetahui air masuk ke bagian mesin atau tidak adalah dengan mengecek kondisi oli mesin. Dalam kondisi normal, oli mesin berwarna hitam pekat. Namun jika oli mesin terlihat berwarna coklat muda, itu artinya oli mesin sudah bercampur dengan air.

Cara mengecek kondisi oli mesin bisa melalui penutup saluran masuk oli mesin. Pada bagian penutup terdapat batang yang masuk ke dalam mesin. Dari tetesan oli di batang tersebut, dapat diketahui warna oli mesin.

  1. Periksa bagian busi dan penutup busi

Pastikan kondisi busi dan penutup busi dalam keadaan kering. Jika kondisi busi dan penutup busi basah karena air, maka busi tidak akan bisa menimbulkan percikan api pada mesin dan motor susah dihidupkan.

  1. Bersihkan saringan udara

Saringan udara menjadi salah satu jalan masuk air ke dalam mesin saat motor terendam banjir. Oleh sebab itu kotoran pada air banjir bisa menempel pada filter pada saringan udara. Jika hal itu terjadi disarankan untuk mengganti filter udara yang baru, agar kinerja mesin tidak terganggu.

Untuk motor yang terendam banjir dalam waktu yang lama, disarankan untuk dibawa ke bengkel. Mekanik bengkel akan mengecek bagian mesin dan komponen kelistrikan motor agar bisa berfungsi normal kembali.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut